Wamendes PDTT Pastikan Vaksinasi Bagi Warga Pedesaan, Wabup Optimis Sidoarjo Layak Masuk Level 1 PPKM


Wamendes PDTT Pastikan Vaksinasi Bagi Warga Pedesaan, Wabup Optimis Sidoarjo Layak Masuk Level 1 PPKM VAKSIN - Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Budi Arie Setiadi didampingi Wabup Subandi melihat langsung vaksinasi Covid-19 yang dilakukan di Kantor Kecamatan Sukodono, Sidoarjo, Rabu (24/11/2021).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Upaya percepatan vaksinasi Covid-19 di Sidoarjo mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat. Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT), Budi Arie Setiadi datang ke Sidoarjo untuk melihat langsung vaksinasi Covid-19 yang dilakukan di Kantor Kecamatan Sukodono, Rabu (24/11/2021).

Kedatangan orang nomer dua di Kementerian Desa PDTT ini disambut Wakil Bupati Sidoarjo, Subandi.

Wamendes PDTT, Budi Arie Setiadi mengatakan tujuannya ke Sidoarjo untuk memastikan masyarakat, terutama yang ada di desa sudah menerima vaksin Covid-19. Dirinya menilai percepatan vaksinasi haruslah sampai ke setiap pelosok desa. Dirinya melihat selama ini vaksinasi lebih tertangani di wilayah perkotaan.

"Kedatangan saya untuk memastikan seluruh masyarakat khususnya warga di pedesaan bisa menerima vaksin Covid-19. Karena soal vaksinasi di perkotaan sudah lebih awal tertangani," ujarnya kepada republikjatim.com, Rabu (24/11/2021).

Budi Arie menjelaskan seluruh warga Indonesia perlu mendapatkan vaksin Covid-19. Oleh karenanya, percepatan vaksinasi di setiap desa dibutuhkan. Termasuk Sidoarjo yang sebagian besar wilayahnya masuk wilayah pedesaan.

"Masyarakat desa ini perlu percepatan vaksinasi, karena pada dasarnya seluruh warga Indonesia perlu menerima vaksin Covid-19 itu," pintahnya.

Sementara Wakil Bupati (Wabup) Sidoarjo, Subandi memaparkan berbagai upaya percepatan vaksinasi Covid-19 akan terus dilakukan Pemkab Sidoarjo, meski target capaian vaksinasi sudah terlampaui. Menurutnya, Pemkab Sidoarjo tidak berpuas diri akan hasil pencapaian target vaksinasi itu.

"Percepatan vaksinasi Covid-19 di Sidoarjo akan terus didorong dan digenjot sampai tingkat pelosok desa dan kampung terpencil," tegasnya.

Selain itu, kata mantan Ketua Komisi A DPRD Sidoarjo data pencapaian vaksinasi Covid-19 tahap dua di Sidoarjo sudah 78 persen. Vaksinasi terhadap pertama bagi Lansia juga sudah mencapai 68,7 persen. Melihat data itu, menurutnya Sidoarjo semestinya sudah masuk level 1 zona PPKM penanganan Covid-19.

"Tapi, kami tetap meminta masyarakat tidak lengah akan penyebaran Covid-19. Yakni dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19 harus wajib dilakukan. Semua tidak boleh lengah, karena percepatan vaksinasi akan terus didorong sampai ke pelosok desa," tandasnya. Adv/Hel/Waw