Wabup Terpilih Aklamasi Jabat Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Sidoarjo Periode 2021-2026


Wabup Terpilih Aklamasi Jabat Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Sidoarjo Periode 2021-2026 TERPILIH - Wakil Bupati Sidoarjo, Subandi terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sidoarjo Periode 2021-2026 dalam Musyawarah Cabang Gerakan Pramuka Sidoarjo di Ballroom Fave Hotel, Sidoarjo, Sabtu (27/11/2021).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Wakil Bupati (Wabup) Sidoarjo, Subandi terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sidoarjo Periode 2021-2026 dalam Musyawarah Cabang Gerakan Pramuka Sidoarjo yang digelar di Ballroom Fave Hotel, Sidoarjo, Sabtu (27/11/2021). Dengan terpilihnya menjadi Ketua Kwarcab Pramuka Sidoarjo, Wakil Bupati Sidoarjo itu resmi dipanggil Kakak oleh seluruh keluarga Pramuka.

"Alhamdulillah dengan mengucap syukur kepada illahi robbi, kami berterima kasih atas amanah yang telah diberikan. Salam Pramuka," ujar Kak Subandi, panggilan khas dalam Pramuka usai terpilih secara aklamasi.

Kak Subandi menjelaskan pada dasarnya Pramuka memiliki tujuan untuk melatih dan memaksimalkan seluruh potensi yang ada dalam diri agar berkarakter. Baik secara intelektual, spiritual maupun fisik.

"Karena itu, kegiatan Pramuka harus berdasarkan prinsip-prinsip diantaranya pertama keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang maha Esa. Kedua, rasa peduli kepada tanah air dan bangsa, manusia dan alam sekitarnya," pintah Kak Subandi.

Sedangkan yang ketiga, harus memiliki rasa peduli dan tanggung jawab pada diri sendiri. Dan keempat patuh dan taat pada kode kehormatan yakni Trisatya dan Dasadarma.

"Pembenahan Pramuka Sidoarjo harus dilakukan agar tetap eksis dan menjadi ujung tombak pembangunan gerakan moral dan karakter bangsa," tegasnya.

Subandi yang juga mantan Ketua Komisi A DPRD Sidoarjo ini mengulas sepintas tentang pramuka. Menurutnya, pramuka adalah gerakan yang mengambil posisi sebagai bagian dari proses membangun manusia Indonesia seutuhnya.

"Dalam konteks pembangunan manusia seutuhnya, tidak cukup dibangun melalui satu sisi saja. Dalam membangun manusia seutuhnya, gerakan pramuka hadir, mulai dari usia dini sampai dewasa. Ini untuk membantu dan menyukseskan pembangunan din Sidoarjo. Kita adalah satu bagian yang utuh. Karena itu, kekompakan sangat dibutuhkan," paparnya.

Subandi berharap dukungan serta kritikan membangun dari seluruh komponen pramuka terutama kepada ketua dan jajaran pengurus. Hal ini, agar bisa menjalankan tugas dengan baik.

"Tanpa dukungan kakak-kakak semua, mustahil Kwarcab Sidoarjo ke depan, akan semakin lebih baik dan terarah," jelasnya.

Sementara Ketua Panitia Muscab Gerakan Pramuka 2021, Amirudin menegaskan peserta yang hadir sudah memenuhi kuorum untuk memilih Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka periode 2021-2026. Jumlah undangan yang hadir 90 persen. Hal itu memenuhi syarat untuk dilakukan musyawarah cabang gerakan pramuka Sidoarjo 2021.

"Muscab Gerakan Pramuka diselenggarakan setiap lima tahun sekali. Yakni setiap pergantian kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati. Bupati dalam hal ini bertindak sebagai Ketua Majelis Pembimbing," tandasnya. Hel/Waw