Wabup Sidoarjo dan Pasmar 2 Pastikan Target Vaksinasi Lansia Segera Tercapai


Wabup Sidoarjo dan Pasmar 2 Pastikan Target Vaksinasi Lansia Segera Tercapai VAKSIN - Wabup Sidoarjo, Subandi bersama Komandan Rayon Angkatan Motor Pasukan Marinir 2, Letkol Marinir Agus Hariyanto meninjau vaksinasi di Balai Desa Pabean, Kecamatan Sedati, Sidoarjo, Selasa (02/11/2021).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Wakil Bupati (Wabup) Sidoarjo, Subandi bersama Komandan Rayon Angkatan Motor Pasukan Marinir 2, Letkol Marinir Agus Hariyanto meninjau vaksinasi di Balai Desa Pabean, Kecamatan Sedati, Sidoarjo, Selasa (02/11/2021). Target vaksin dalam sehari itu, mampu melayani sekitar 1.400 dosis vaksin.

Upaya ini merupakan hasil kerjasama Pemkab Sidoarjo dan stakeholder (jajaran pemangku kepentingan). Hal ini lantaran mengingat pentingnya herd immunity (kekebalan komunal) bagi masyarakat Sidoarjo. Hal ini dilakukan untuk mensukseskan program percepatan vaksinasi yang digalakkan pemerintah pusat.

Wabup Sidoarjo, Subandi mengingatkan bulan depan akan ada Peringatan Hari Natal dan Tahun Baru Masehi. Sebagai antisipasi terhadap gelombang ketiga akibat kebiasaan masyarakat untuk berkegiatan pada tanggal liburan itu, tidak menambah penyebaran virus Covid-19 karena sudah mencapai target herd immunity (kekebalan komunal).

"Sekarang yang perlu dilakukan untuk mencapai keadaan herd immunity sesuai Kementrian Kesehatan Republik Indonesia jumlah masyarakat yang divaksin harus mencapai 70 persen. Sedangkan jumlah masyarakat Sidoarjo yang sudah divaksin, mencapai 75 persen. Itu melebihi standar Kementrian Kesehatan. Alhamdulillah, dengan kerja sama antar stakeholder ini, Pemkab Sidoarjo sudah mencapai herd immunity dengan melebihi target yang mestinya 70 persen itu," ujar Subandi kepada republikjatim.com, Selasa (02/11/2021).

Begitu pula dengan masyarakat Sidoarjo yang lansia, kata mantan Ketua Komisi A DPRD Sidoarjo ini yang terus dikejar untuk mendapatkan vaksin. Hal itu sesuai amanat pemerintah pusat agar vaksin terhadap Lansia mencapai 60 persen.

"Soal masalah lansia yang targetnya 60 persen, Sidoarjo sudah mencapai 40 persen. Insyaallah dengan stakeholder yang ada, kita saling bahu membahu, memenuhinya," tegasnya.

Selain itu, mantan Kades Pabean, Kecamatan Sedati, Sidoarjo ini menjelaskan saat itu vaksin menyiapkan 1.400 dosis. Rinciannya untuk vaksin Sinovac 700 dosis dan vaksin Pfizer sebanyak 700 dosis. Harapannya setelah vaksinasi ini, masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan dalam setiap kegiatan meskipun sudah divaksin.

"Protokol kesehatan (Prokes) harus diutamakan. Jangan sampai ketika melandai (kasus covid-19), masker tidak dipakai. Itu namanya masih sembrono. Cuci tangan, itu terus dilakukan. Karena vaksinasi disukseskan maka disiplin kesehatan tetap penting dijalankan," jelas Ketua DPC PKB Sidoarjo ini.

Sementara kolaborasi antara stakeholder ini, sangat didukung dan diapresiasi Komandan Rayon Angkatan Motor Pasukan Marinir 2, Letkol Marinir Agus Hariyanto. Menurutnya, Pemkab Sidoarjo berkeinginan untuk mensukseskan dan mempercepat penanganan Covid-19.

"Kami pun berharap agar Covid-19 ini cepat selesai," tandas Agus Hariyanto. Hel/Waw/Adv