Wabup Sidoarjo Apresiasi Program Literasi dan Numerasi PC LP Maarif NU Sidoarjo


Wabup Sidoarjo Apresiasi Program Literasi dan Numerasi PC LP Maarif NU Sidoarjo LITERASI - Wakil Bupati Sidoarjo, Subandi membuka program literasi dan numerasi di Aula PCNU Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Sidoarjo, Jumat (08/10/2021).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Kegiatan sharing program literasi dan numerasi kerjasama PC LP Maarif NU Sidoarjo dan LP Maarif NU Pasuruan dibuka Wakil Bupati (Wabup) Sidoarjo, Subandi di Aula PCNU Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Sidoarjo, Jumat (08/10/2021). Acara itu, dihadiri tim Inovasi Jatim.

Subandi mengapresiasi positif program itu. Apalagi, di tengah pandemi Covid-19 yang masih ada kegiatan para pegiat pendidikan. Bahkan masih memikirkan kemajuan dunia pendidikan di Sidoarjo.

"Saya mengapresiasi dan mengucapkan rasa terima kasih yang mendalam atas peran aktif dalam mencerdaskan peserta didiknya yang tidak kenal lelah, membuka jalan pencerahan dan membangkitkan asa setiap insan yang didik agar menjadi manusia yang berkarakter, berpengetahuan dan memberi faedah bagi bangsa dan negara," ujar Subandi kepada republikjatim.com, Jumat (08/10/2021).

Mantan Kades Pabean, Kecamatan Sedati ini menjelaskan sebagai bangsa yang besar, Indonesia khususnya Sidoarjo harus mampu mengembangkan budaya literasi. Hal ini penting sebagai prasyarat kecakapan hidup abad ke-21 melalui pendidikan yang terintegrasi mulai keluarga, sekolah, sampai masyarakat. Menurutnya penguasaan enam literasi dasar yang disepakati world economic forum Tahun 2015 menjadi sangat penting bagi semuanya. Tidak hanya bagi peserta didik tetapi juga bagi orang tua dan seluruh warga.

"Enam literasi dasar itu mencakup literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial serta literasi budaya dan kewargaan. Ini pintu masuk mengembangkan budaya literasi bangsa melalui penyediaan bahan bacaan dan peningkatan minat baca anak," ungkapnya.

Mantan Ketua Komisi A DPRD Sidoarjo ini menjelaskan kegiatan ini untuk menumbuhkan budi pekerti maka minat baca anak perlu dipupuk sejak usia dini. Hal ini dapat dimulai dari lingkungan keluarga. Menurutnya minat baca yang tinggi didukung dengan ketersediaan bahan bacaan yang bermutu.

"Hal yang terjangkau itu akan mendorong pembiasaan membaca dan menulis. Dengan kemampuan membaca pula literasi dasar berikutnya (numerasi, sains, digital, finansial serta budaya dan kewargaan) dapat ditumbuhkembangkan," tegasnya.

Wabup Sidoarjo menghimbau peserta sharing program literasi dan numerasi bisa memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Diharapkan materi dan informasi yang diberikan nanti dapat diserap dengan baik. Harapannya, dapat memiliki ilmu untuk mengembangkan literasi dan numerasi yang lebih baik.

"Dengan demikian akan meningkatkan kinerja guru seiring dengan cita-cita dan tujuan pendidikan. Kami sampaikan terima kasih kepada PC LP Ma’arif NU Sidoarjo yang memfasilitasi kegiatan ini. Semoga kerja sama yang sudah terjalin dengan harmonis ini dapat terus dipertahankan dan dikembangkan di masa mendatang," pintahnya.

Sementara Ketua PC LP Maarif NU Sidoarjo, Misbahuddin menegaskan LP Maarif NU Sidoarjo memiliki beberapa program unggulan. Salah satunya program literasi dan numerasi yang bekerja dengan tim Inovasi Jawa Timur.

"Literasi dan numerasi menjadi tuntutan di era saat ini. Anak-anak didik harus paham apa itu literasi dan numerasi," tandasnya. Hel/Waw