Usai Didera Pandemi 2 Tahun Survive, Kini di Usia 5 Tahun republikjatim.com Dihadapkan Era Disrupsi Media


Usai Didera Pandemi 2 Tahun Survive, Kini di Usia 5 Tahun republikjatim.com Dihadapkan Era Disrupsi Media Wartawan republikjatim.com, M Zakki Husaini

Oleh

M Zakki Husaini (jurnalis republikjatim.com)

Sidoarjo (republikjatim.com) - Tantangan dan harapan tetap selalu membayangi semua jenis usaha (bisnis). Begitu juga dengan republikjatim.com sebagai salah satu media online di Jawa Timur yang memasuki usia ke lima tahun.

Jika pada tahun-tahun sebelumnya, republikjatim.com menghadapi ancaman kolaps karena pandemi Covid-19 yang melanda hampir dua tahun seperti halnya beberapa perusahaan media tutup karena goncangan pandemi. Kini, di usia ke lima tahun tetap dihadapkan pada masalah disrupsi media.

Disrupsi media (disrupsi digital) menjadi efek yang mengubah hal-hal mendasar (fundamental). Terutama, mengenai pandangan serta perilaku masyarakat terhadap pasar, industri, budaya dan berbagai proses di dalamnya yang disebabkan inovasi dan perkembangan teknologi digital yang semakin maju. Bahkan disrupsi menjadi fenomena sejumlah perubahan masif yang mengubah sistem tatanan yang lama menjadi sebuah sistem baru hingga mengubah seluruh tatanan.

Ini menjadi tantangan baru. Karena semua media mainstream harus dihadapkan pada Media Sosial (Medsos) yang sejatinya hanya memberikan informasi. Sementara media mainstream harus mengolah dan mengklarifikasi informasi yang hendak disampaikan ke publik. Bahkan, media mainstream membutuhkan cek and balance sebelum memuat berita yang menjadi isu-isu strategis dan tengah dibutuhkan masyarakat yang makin digenjot dengan budaya permisif.

Tetapi, tim republikjatim.com tetap optimis bisa menghadapi tantangan baru ini. Karena selama pandemi Covid-19 selama 2 tahun penuh, justru membuat media lokal yang merambah regional ini justru semakin survive. Semangat republikjatim.com yang lahir bersamaan Hari Pahlawan 10 Nopember justru membakar semangat kami untuk ikut serta dan turut andil dalam mencerdaskan khususnya masyakarat Jawa Timur dan pada umumnya masyarakat Indonesia.

Kobaran semangat para pejuang yang mampu menaklukkan agresi militer, justru tertanam pada semua jiwa kru republikjatim.com dalam memperjuangkan media ini untuk tetap eksis dan survive apa pun kondisi geopolitik di Indonesian dan apa pun kondisi keuangan serta bisnis industri media saat ini. Dengan semangat para pejuang, kami seluruh tim republikjatim.com baik yang berada di kantor pusat maupun daerah tetap punya semangat juang kuat untuk tetap menyajikan berita secara independen, massif, faktual dan akurat.

Tentunya, juga dengan tetap kritis dan tajam dalam menyajikan semua berita. Baik itu soal pemerintahan, hukum dan kriminal, ekonomi maupun budaya dan sosial.

Di usia ke lima tahun ini, izinkan kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pembaca setia, para stakeholder, rekan bisnis, pemerintah dan para sponsor yang selama ini mempercayakan semua kepada manajemen republikjatim.com. Bahkan hingga memasuki usia ke lima tahun ini, republikjatim.com tetap eksis dan survive di tengah era disrupsi media tanpa mengalami kendala berarti.

Salam hangat dan tetap semangat berjuang demi bangkitnya perekonomian Indonesia pasca pandemi, sekaligus mempersiapkan diri mengahadapi krisis global yang diperkirakan terjadi pada tahun 2023 mendatang. Salam republikjatim.com, manajemen tetap setia menyampaikan berita-berita aktual, faktual dan tentunya juga akurat. Terima Kasih !