Tujuh Desa di Tulangan Siap Pilkades, Kapolresta Sidoarjo Minta Pendukung Cakades Tidak Menyebar Berita Hoax


Tujuh Desa di Tulangan Siap Pilkades, Kapolresta Sidoarjo Minta Pendukung Cakades Tidak Menyebar Berita Hoax CANGKRUK - Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro bersama Camat Tulangan Didik Widoyoko mengikuti acara Cangkrukan Kamtibmas, menjelang Pilkades serentak 84 desa di Pendopo Kecamatan Tulangan, Sidoarjo, Kamis (19/05/2022).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Sebanyak tujuh desa di Kecamatan Tulangan siap menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada 19 Juni 2022 mendatang. Dari tujuh desa yang menggelar Pilkades ini ada sebanyak 17 Calon Kepala Desa (Cakades) yang siap mensukseskan Pilkades Serentak Tahun 2022 itu.

Ketujuh desa yang turut Pilkades Serentak itu diantaranya Desa Kenongo, Kepunten, Janti, Kepuhkemiri, Grabagan, Grinting dan Desa Grogol. Sedangkan total keseluruhan Cakadesnya terdapat 17 calon.

"Pelaksanaan Pilkades Serentak kurang sebulan lagi. Tapi situasi Kamtibmas di wilayah kami aman dan kondusif. Berbagai persiapan sudah matang dan 17 kontestan Pilkades di tujuh desa di Kecamatan Tulangan juga berkomitmen untuk mengikuti setiap agenda Pilkades dengan tertib dan damai," ujar Camat Tulangan, Didik Widoyoko dalam acara Cangkrukan Kamtibmas bersama Kapolresta Sidoarjo jelang Pilkades serentak 84 desa tahun 2022 di Sidoarjo, Kamis (19/05/2022).

Menanggapi kesiapan pelaksanaan Pilkades serentak tujuh desa di Kecamatan Tulangan itu, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro mengapresiasi dan berharap situasi Kamtibmas tetap terjaga dengan damai dan kondusif hingga tahap akhir Pilkades mendatang. Kusumo mencontohkan bagaimana semangat gotong royong dan kebersamaan seluruh Forkopimda, Forkopimka hingga tingkat desa bahu membahu bersama masyarakat, berhasil menanggulangi pandemi Covid-19 dan vaksinasi sampai tingkat desa.

"Semangat sinergitas dan kebersamaan keberhasilan penanggulangan Covid-19 dan memasifkan vaksinasi di tingkat desa selama ini kami harap dapat diteruskan untuk mewujudkan pelaksanaan Pilkades serentak di wilayah Sidoarjo berlangsung aman, damai dan kondusif," pintah Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro.

Selain itu, masyarakat juga dihimbau selama masa Pilkades tidak berbuat anarkis, saling hasut, menyebar berita bohong (hoax), menebar kebencian serta tidak menjadikan Pilkades sebagai ajang taruhan.

"Kalau ada sejumlah upaya pelanggaran dalam Pilkades, silahkan laporkan kepada panitia atau kepada kami (Polresta Sidoarjo). Karena berbagai pelanggaran dalam Pilkades bisa diproses dan pelakunya bisa dikenai ancaman pidana," tandasnya. Hel/Waw