Teaching Challenge for Parents Tantangan Peringatan Hari Guru Nasional 2021 di KB TK Al Muslim


Teaching Challenge for Parents Tantangan Peringatan Hari Guru Nasional 2021 di KB TK Al Muslim GURU - Para wali murid siswa dan siswi KB TK Al Muslim menjadi guru sehari saat peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2021, Kamis (25/11/2021).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Setelah dua tahun terakhir masa pandemi Covid-19, peringatan Hari Guru Nasional (HGN) digelar serba online, kini HGN Tahun 2021 yang jatuh, Kamis (25/11/2021) disambut meriah civitas akademi KB TK Al Muslim. Sekolah yang ada di JL Raya Wadungasri, Kecamatan Waru, Sidoarjo ini seperti mendapat angin segar, meski perayaan masih dengan tatap muka terbatas.

Bahkan tetap memperhatikan protokol kesehatan (Prokes) ketat. Namun hal itu tidak mengurangi makna peringatan HGN tahun ini.

Kali ini, KB TK Al Muslim memberikan tantangan untuk para orang tua wali murid untuk menjadi guru di sekolah. Yakni dengan mengajak bermain dolanan anak didik sembari belajar bersama.

Kegiatan diawali dengan senam Banana Chacha, dilanjutkan dengan bermain dolanan tradisional anak seperti Ular Naga, Cublak-Cublak Suweng, Lompat Tali, Domikado, Engkle dan Kursi Goyang. Semua itu kegiatan dihandle para orang tua wali murid.

Salah seorang wali murid TK Al Muslim, Ny Arkha mengatakan peringatan HGN kali ini merupakan pengalaman pertamanya menjadi guru.

"Bagi kami mengajar ternyata mengasyikan dan menguji kesabaran," ujarnya kepada republikjatim.com, Kamis (25/11/2021).

Sedangkan Ny Gatra wali murid lainnya memaknai rasanya berperan menjadi guru.

"Anak-anak belajar mendengarkan, kami sebagai pengajar belajar sabar menghadapi anak-anak dan tingkah polanya," imbuhnya.

Ketua Badan Pendukung Kegiatan Sekolah, Puspita Dewi Rahayu mengucapkan rasa terima kasih kepada para guru yang sudah sangat luar biasa, sabar dan telaten dalam membimbing anak-anak didik.

"Dari guru TK lah awal mula anak didik dapat membaca serta mengembangkan kemampuan lainnya," tegasnya.

Sementara Wakil Kepala KB TK Al Muslim, Triana Dewi menegaskan dengan adanya Teaching Challenge for Parents ada kesan tersendiri yang dapat dirasakan masing-masing orang tua wali murid. Menurutnya, jika di rumah para orangtua harus membimbing anak-anak mereka sendiri, pada acara itu orang tua ditantang untuk menghadapi lebih banyak anak didik.

"Yang pasti memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Kami ucapkan terima kasih kepada para orang tua wali murid atas perhatian dan support yang diberikan. Terlebih pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Tanpa sinergi sekolah, guru dan orangtua, mustahil kegiatan pembelajaran di masa pandemi akan berjalan lancar," ungkapnya.

Sementara sebelum acara ditutup, sebuah lagu berjudul Man Anna dipersembahkan siswa Nada dan mamanya. Dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng. Teriring doa, semoga pandemi Covid-19 segera berakhir agar anak-anak dapat belajar dan bermain di sekolah kembali. Hel/Waw