Tarik Parkir Ugal-Ugalan Rp 10.000 Per Motor, Gus Muhdlor Langsung Tertibkan Parkir Liar di Alun-Alun Sidoarjo


Tarik Parkir Ugal-Ugalan Rp 10.000 Per Motor, Gus Muhdlor Langsung Tertibkan Parkir Liar di Alun-Alun Sidoarjo WARNING - Plt Asisten II Pemkab Sidoarjo, Budi Basuki memberikan warning kepada koordinator parkir seputar Alun-Alun Sidoarjo, Bambang Sulistyono karena menarik parkir antara Rp 10.000 - Rp 15.000 untuk kendaraan roda dua, Sabtu (16/04/2022) sore.

Sidoarjo (republikjatim.com) - Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor) menginstruksikan jajarannya untuk bertindak cepat dalam menertibkan parkir liar di sekitar Alun-Alun Sidoarjo. Hal ini lantaran ada juru parkir (jukir) yang menarik tarif parkir secara ugal-ugalan.

Berdasarkan laporan yang masuk dan diterima Bupati Sidoarjo tarif parkir kendaraan roda dua di Alun-Alun Sidoarjo mencapai Rp 10.000 - Rp 15.000 selama ada gelaran acara Kampung Ramadhan. Penarikan bombastis itu, justru membuat acara Kampung Ramadhan tidak menarik perhatian warga. Hal ini karena tindakan tukang parkir yang menarik pengunjung dengan tarif ugal-ugalan dan tidak sesuai ketentuan yang berlaku itu, dianggap merugikan masyarakat.

Berdasarkan peraturannya, tarif parkir sudah diatur dalam Perda No 17 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Perparkiran. Rinciannya, untuk parkir kendaraan roda dua tarif normal Rp 2.000 dan untuk kendaraan roda empat tarifnya Rp 4.000 per kendaraan.

"Saya langsung minta Asisten II, Kadishub dan Kasatpol PP Sidoarjo segera mengecek lokasi sore itu juga. Mereka harus turun menertibkan parkir liar yang ada di sekitar Alun-Alun Sidoarjo dengan memanggil semua juru parkir dan koordinatornya," ujar Bupati yang akrab disapa Gus Muhdlor ini melalui sambungan ponselnya Sabtu (16/04/2022) sore saat sedang melaksanakan ibadah Umroh.

Plt Asisten II Pemkab Sidoarjo, Budi Basuki bersama Kasatpol PP Widyantoro Basuki dan Kadishub Benny Airlangga langsung memanggil Bambang Sulistiono selaku Koordinator Parkir di sekitar Alun-Alun Sidoarjo. Budi menegur dan memperingatkan Bambang untuk tidak menarik tarif yang tidak sesuai ketentuan serta meminta Bambang menandatangi pernyataan untuk tidak lagi menarik tarif parkir yang tidak sesuai ketentuan. Selain itu, Bambang juga diminta menertibkan para juru parkir serta melayani para pengunjung Alun-Alun Sidoarjo dengan baik.

"Jangan sampai ada pungutan liar lagi. Tarik tarif parkir sesuai ketentuan. Jangan sampai adalagi pemungutan sampai Rp 10.000 hingga Rp 15.000 per motor," tegas Budi Basuki dihadapan Bambang Sulistiono.

Sebelumnya, Bambang mengaku sudah menyampaikan ke juru parkir di sekitar Alun-Alun Sidoarjo untuk tidak menarik tarif lebih dari Rp 4.000 per kendaraan. Namun, Bambang berdalih tidak semua juru parkir mengindahkan perintahnya itu. Hingga nasih ada jukir yang memungut tarif Rp 10.000 - 15.000 per motor.

"Kemarin semua juru parkir sudah saya koordinir dan saya minta untuk tidak membandrol tarif parkir lebih dari Rp 4000," kilah Bambang Sulistiono di hadapan Kasatpol PP, Kadishub dan Asisten II Pemkab Sidoarjo.

Sementara usai mendapat peringatan dan teguran secara tertulis dari Pemkab Sidoarjo itu, Bambang berjanji segera mengumpulkan semua juru parkir dan memperingatkan agar tidak mematok tarif parkir lebih dari Rp 4.000 per kendaraan.

"Hasil koordinasi dan teguran ini, segera kita sampaikan ke teman-teman juru parkir agar tidak terjadi lagi menarik tarif parkir Rp 10.000 untuk kendaraan roda dua," katanya. Hel/Waw