Tanamkan Jiwa Kewirausahaan Sejak Dini, SD Al Muslim Gelar Kids Entrepreneurship Day


Tanamkan Jiwa Kewirausahaan Sejak Dini, SD Al Muslim Gelar Kids Entrepreneurship Day ENTERPRENEUR - SD Al Muslim menggelar kegiatan Kids Entrepreneurship Day untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur pada para peserta didik, Senin (13/06/2022).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Menjadi entrepreneur (pengusaha atau wirausahawan) menjadi salah satu sunnah Nabi Muhammad SAW dalam memajukan ekonomi umat. Sebagai upaya mengasah dan menumbuhkan jiwa entrepreneur (kewirausahaan) sejak dini, SD Al Muslim menggelar kegiatan Kids Entrepreneurship Day.

Upaya ini untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur sejak dini. Kegiatan Kids Entrepreneurship Day (KED) merupakan kegiatan rutin dua kali dalam setahun yang dinantikan siswa. Selama pandemi kemarin, kegiatan dilaksanakan secara virtual.

Kini, karena keadaan sudah mulai membaik, maka KED dilaksanakan di Aula SD Al Muslim dengan tetap memperhatikan protokol Kesehatan. KED kali ini mengusung tema Creative and Responsible Islamic Kidpreneurs.

"Melalui KED ini, kami ingin menumbuhkan jiwa wirausaha siswa kelas 1 sampai kelas 6 yang kreatif, mandiri, percaya diri dan bertanggung jawab. Siswa  dapat melakukan proses aplikasi pembelajaran tentang komunikasi yang baik, kerjasama dan belajar tentang mengelola uang," ujar Kepala SD Al Muslim, Ustazah Fatimatuz Zahroh kepada republikjatim.com, Senin (13/06/2022).

Dalam KED itu, antusias siswa yang didukung penuh orang tua dalam menyambut KED sudah terlihat. Saat para guru menyampaikan agenda kegiatan KED, terbayang di benak siswa dan siswi barang yang dijual dan yang akan dibeli.

"Hore, aku akan jual bolpoin bunga, es boba, sticker," ucap salah satu siswi kegirangan.

Kerjasama antara wali murid dan sekolah berjalan baik. Walimurid turut berperan aktif dalam membantu kegiatan ini. Mulai berunding menyiapkan ide stand, barang apa saja yang akan dijual hingga properti yang dibutuhkan untuk meja stand. Bahkan barangnya disesuaikan dengan selera siswa, khususnya untuk siswa kelas bawah.

Karena siswa kelas atas sudah bisa berdiskusi menentukan sendiri barang dagangannya. Salah satu wali murid mengakui kegiatan ini, akan lebih mengakrabkan antar wali murid. Bahkan, dulunya tidak kenal menjadi kenal.

Sedangkan Ketua Panitia KED, Ustazah Ani menilai dengan antusiasnya wali murid akan menghasilkan kerjasama yang baik dengan pihak sekolah.

"Terutama mendorong siswa lebih kreatif lagi dalam berkarya, sesuai proyek yang dicanangkan dalam membentuk karakter profil pelajar Pancasila," tegas Ani.

Sementara kegiatan KED ini melanjutkan program yang sudah berjalan pada semester gasal. Siswa membuat perencanaan yang akan direalisasikan pada semester genap. Konsep perencanaan yang sudah dibuat dimatangkan kembali dengan berdiskusi menentukan tema, apa yang dijual, belajar cara promosi yang baik, hias stan dan kostum yang dipakai promosi. Ini semua dirundingkan dan didiskusikan secara matang dan bersama-sama.

Sebelum promo ke kelas lainnya, siswa belajar promosi terlebih dahulu di kelas masing-masing dengan bimbingan guru. Kegiatan KED dibagi menjadi 2. Yakni kelas bawah dan kelas atas. Konsep yang diusung by order. Rangkaian kegiatan KED dimulai hari Jumat tanggal 10 sampai 14 Juni 2022. Jumat (10/06/2022) kemarin, siswa melakukan promosi dengan membawa poster yang sudah mereka buat. Promosi dilakukan secara offline dan online. Promosi secara offline dilakukan di kelas dan dilanjutkan ke kelas yang lain.

Selanjutkan promosi secara online bisa melalui IG atau WA. Promosi berakhir Minggu pukul 12.00 WIB dan pemesanan bisa dilakukan melalui order. Puncak acara Senin (13/06/2022) untuk siswa kelas 1, 2 dan kelas 3 yang diawali dengan menghias stan, menata barang, penilaian stan serta proses jual beli. Sedangkan Selasa (14/06/2022) giliran siswa siswi kelas 4, 5 dan kelas 6 melaksanakan proses jual beli, yang diawali dengan penilaian presentasi promosi diwakili 3 siswa tiap kelas. Hel/Waw