Tak Dihadiri Ketua TKKSD, Dewan Sidoarjo Desak Penetapan Pemenang Lelang Parkir yang Molor Transparan


Tak Dihadiri Ketua TKKSD, Dewan Sidoarjo Desak Penetapan Pemenang Lelang Parkir yang Molor Transparan LELANG PARKIR - Anggota dan pimpinan Komisi B DPRD Sidoarjo menggelar hearing soal Lelang Parkir dengan menghadirkan TKKSD di ruang Paripurna DPRD Sidoarjo, Rabu (12/01/2022).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Rapat dengar pendapat (hearing) yang dilaksanakan anggota dan pimpinan DPRD dan Komisi B DPRD Sidoarjo bersama Tim Koordinasi Kerjasama Daerah (TKKSD) berjalan mengecewakan. Hal ini, lantaran Ketua TKKSD Pemkab Sidoarjo yang dijabat Sekda Sidoarjo, Ahmad Zaini tidak menghadiri acara rapat yang dianggap penting oleh para pimpinan dan anggota wakil rakyat Sidoarjo itu.

Selain itu, kekecewaan para anggota dan pimpinan lantaran proses lelang berjalan lambat. Yakni mulai awal Nopember 2021 hingga kini belum ada pemenang lelang tender pengelolaan parkir itu.

"Lelang berupa Beauty Contest dikebut mulai Tahun 2021 tapi sampai Tahun 2022 ini belum selesai. Bahkan sampai hari ini, belum ada hasilnya sama sekali," ujar Ketua Komisi B DPRD Sidoarjo, Bambang Pujianto di sela-sela hearing yang dihadiri unsur Ketua DPRD, Usman, Wakil Ketua I, Bambang Riyoko dan Wakil Ketua III, Emir Firdaus, Rabu (12/01/2022).

Karena itu, Bambang yang juga anggota Fraksi Partai Gerindra ini meminta dalam lelang parkir Sidoarjo dengan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) senilai Rp 20,4 miliar ini agar tidak ada intervensi dari pihak mana pun dan darimana pun.

"Yang lolos seleksi dan kualifikasi adalah merupakan rekanan yang lolos dan memang memenuhi syarat kualifikasi. Termasuk harus dilaksanakan sesuai jadwal dan verifikasi PT peserta harus dicek dan verifikasi lapangan secara nyata," pintahnya.

Tidak hanya itu, Bambang juga meminta rekanan pemenang lelang tender parkir Sidoarjo yang bakal mengerjakan 359 titik potensi itu tidak memberatkan atau menekan warga Sidoarjo. Misalnya dengan menaikkan nilai parkir lebih besar dari Perda Penetapan Harga Parkir.

"Jangan sampai ada pemaksaan kenaikan nilai parkir. Kasihan warga Sidoarjo. Kami minta segera diselesaikan dan sisa Januari pendapatan perparkiran belum tetap dilaksanakan konvensional. Meski nilai akumulatif per 12 Januari 2022 baru masuk PAD Rp 70 juta," tegasnya.

Sementara anggota TKKSD yang menghadiri rapat bersama dewan itu, dipimpin Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Benny Airlangga didampingi Kabag Hukum, Heri Santoso dan Asisten I, Ainur Rokhim. Sedangkan Ketua TKKSD, Ahmad Zaini sekaligus Sekda Sidoarjo tidak menghadiri acara rapat bersama anggota dan pimpinan DPRD Sidoarjo itu.

"Mohon maaf untuk Pak Ketua TKKSD ada acara lain, sehingga tidak bisa menghadiri acara rapat undangan dewan ini," kata Benny yang menjabat Kadishub sejak Nopember 2021 lalu ini.

Benny mengaku dalam proses lelang parkir saat ini, pihaknya sudah menerapkan tiga calon pemenang. Yakni PT Indonesia Sarana Servis-KSO, PT Piramida Teknologi Informasi dan Inkoppol - Prasetia Dwidharma. Rencananya ketua rekanan itu bakal diundang Ketua TKKSD, Kamis (13/01/2022) untuk melaksanakan teknikal meeting mengenai pelaksanaan lelang soal nilai parkir.

"Besok mereka (para calon pemenang) akan diundang untuk membahas soal tata cara pelelangan terbuka. Kemudian tanggal 19 Januari pelelangan terbuka dan penetapan pemenang sampai tanggal 20 Januari. Dilanjutkan membuat draf Perjanjian Kerjasama (PKS)!mitra terpilih tanggal 21 Januari. Dilanjutkan tanggal 24 Januari minta perizinan persetujuan DPRD Sidoarjo dan tanggal 31 Januari kami berharap sudah disetujui dewan. Terakhir dilangsungkan kontrak kerjasama," pungkas Benny yang juga mantan Asisten II Pemkab Sidoarjo ini. Hel/Waw