Sidak Jembatan Rusak di Prasung Buduran, Wabup Sidoarjo Instruksikan Dinas PUBM dan SDA Segera Perbaiki


Sidak Jembatan Rusak di Prasung Buduran, Wabup Sidoarjo Instruksikan Dinas PUBM dan SDA Segera Perbaiki SIDAK - Wakil Bupati (Wabup) Sidoarjo, Subandi saat Sidak langsung kondisi jembatan rusak di Desa Prasung, Kecamatan Buduran dengan Kepala Dinas PUBM dan SDA Pemkab Sidoarjo, Dwi Eko Saptono dan Kades Prasung, Selasa (22/11/2022).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Sebuah jembatan di Desa Prasung, Kecamatan Buduran, Sidoarjo yang kondisinya sudah rusak berat bakal segera diperbaiki. Perbaikan itu menggunakan anggaran pemeliharaan dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (PUBM dan SDA) Pemkab Sidoarjo.

Kepastian itu disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Sidoarjo, Subandi saat Sidak langsung kondisi jembatan dengan Kepala Dinas PUBM dan SDA Pemkab Sidoarjo, Dwi Eko Saptono dan Kades Prasung, Selasa (22/11/2022).

Jembatan sepanjang 10 meter yang menghubungkan antar dusun di Desa Prasung itu untuk sementara waktu oleh warga ditutup sebagian ruasnya dengan kayu balok dan bambu. Hal itu, agar bisa dilewati kendaraan roda dua dan roda empat secara bergantian.

Wabup Sidoarjo, Subandi mengatakan untuk sementara ini perbaikan jembatan itu dikerjakan menggunakan anggaran pemeliharaan Dinas PUBM dan SDA Pemkab Sidoarjo. Jika nantinya perbaikan dirasa kurang maksimal, maka akan dibangunkan jembatan yang lebih baik lagi. Seperti pelebaran jembatan.

"Tapi itu dapat dilakukan di Tahun 2023 mendatang. Sementara kita lakukan perawatan dulu. Minggu ini dikerjakan. Kalau nanti perawatan masih tidak efektif, Insyaallah tahun anggaran 2023 kita bangun jembatan yang bagus," kata Subandi.

Selain itu, Subandi mengakui akses jalan melalui jembatan itu memang padat. Alasannya, jembatan itu menjadi akses kendaraan dari arah Desa Banjarsari maupun menuju dari Desa Dukuhtengah, Kecamatan Buduran.

"Jembatan ini menjadi hilir mudik masyarakat setiap harinya antar desa dan antar kecamatan," tegas Subandi.

Sementara Kepala Dinas PUBM dan SDA Pemkab Sidoarjo, Dwi Eko Saptono mengakui perbaikan jembatan akan segera ditindaklanjutinya. Dalam dua hari ini, perbaikan jembatan itu akan mulai dikerjakan.

"Harapannya, akhir Desember sudah bisa selesai. Dua hari ke depan jembatan ini sudah ada pelaksanaan perbaikan. Minimal Minggu ini sudah ada mulai diperbaiki," tandasnya. Hel/Waw