Sempat Ditunda Sepekan, Kades Bogempinggir Balongbendo Terpilih Akhirnya Dilantik Bupati Sidoarjo


Sempat Ditunda Sepekan, Kades Bogempinggir Balongbendo Terpilih Akhirnya Dilantik Bupati Sidoarjo DILANTIK - Kades Bogempinggir, Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo terpilih, Sutikno akhirnya dilantik Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali di ruang kerja Bupati Sidoarjo, Rabu (03/08/2022).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Meski sempat tertunda, akhirnya Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali melantik Kepala Desa Bogempinggir, Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo Terpilih, Sutikno hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2022. Pelantikan Kades Bogempinggir Terpilih ini digelar di ruang kerja Bupati Sidoarjo, Rabu (03/08/2022).

Sebelum Sutikno dilantik, beredar Surat Edaran dari Sekretaris Daerah ( Sekda) tentang Pelantikan Kepala Desa (Kades) Bogempinggir, Kecamatan Balongbendo Terpilih.

"Saya dapat surat edaran dari Pak Mulyawan (Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) sekitar jam setengah dua belas malam," ujar salah satu mantan Kades di Kecamatan Balongbendo kepada republikjatim.com, Rabu (03/08/2022).

Surat tertanggal 02/08/2022 nomor 005/10437/438.5.8/2022 ini menggunakan kop surat Sekretaris Daerah (Sekda) dan ditandatangani Barcode atas nama a/n Bupati Sidoarjo Pj Sekda Andjar Surjadianto, S.sos. CGCAE (Pembina Utama Muda). Isi surat dalam Rangka Acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Kepala Desa Terpilih dalam Pilkades Tahun 2022 Desa Bogempinggir Kecamatan Balongbendo. Maka bersama ini dimohon kehadirannya saudara besok pada Hari/Tanggal Rabu (03/08/2022). Pukul 08.30 WIB s/d selesai. Tempat Ruang kerja Bupati Sidoarjo kantor Setda Bupati Sidoarjo.

Dalam lampiran surat ini juga turut mengundang Wakil Bupati Sidoarjo, Ketua DPRD Sidoarjo, Kapolresta Sidoarjo, Kepala Kejaksaan Negeri Sidoarjo, Pj Sekda Kabupaten Sidoarjo, Asisten pemerintahan dan Kesra Setda.

Salah satu anggota BPD Bogempinggir melalui warga saat ditanya lewat WhatShapp (WA) mengaku perihal undangan Pelantikan Kades Terpilih Bogempinggir Tahun 2022 tidak tahu menahu.

"Katanya anggota BPD saat dihubungi tidak tahu perihal ada undangan pelantikan Kades Sutikno yang digelar hari ini," katanya.

Sebelumnya, pada pelantikan serentak Kades Terpilih Tahun 2022 pada 26 Juli 2022 pekan lalu hanya 83 desa yang dilantik.

"Jadi pelantikan 83 kepala desa. Kalau yang ditanyakan kenapa ada yang belum? Itu bukan tidak dilantik. Tapi belum dilantik," ungkap Bupati Sidoarjo yang akrab disapa Gus Muhdlor pekan lalu usai pelantikan 83 Kades Terpilih.

Menurut Bupati Alumni SMAN 4 Sidoarjo ini, belum dilantiknya Kades Bogempinggir Terpilih karena bentuk kehati-hatian dari Pemkab Sidoarjo.

"Pemkab Sidoarjo tidak ingin punya track record (catatan) buruk. Artinya lebih kepada kehati-hatian saja. Saya yakin semua wartawan sudah tahu alasannya kenapa," papar Gus Muhdlor.

Selain itu, Gus Muhdlor menegaskan Kades Bogempinggir Terpilih bukan tidak dilantik, tetapi belum dilantik saja.

"Bisa besok atau bisa lusa atau kapanpun bisa (dilantik). Prinsip kehati-hatian ini sedang dikonsultasikan jangan sampai menjadi presiden buruk. Ini murni karena kehati-hatian," tandasnya. Zak/Waw