Sambut HUT RI ke 77, Warga Perum Taman Jenggala Sidoarjo Sulap Jalan Kampung dengan Mural 3 Dimensi


Sambut HUT RI ke 77, Warga Perum Taman Jenggala Sidoarjo Sulap Jalan Kampung dengan Mural 3 Dimensi LUKIS - Puluhan warga RT 17, RW 05 Perumahan Taman Jenggala, Desa Larangan, Kecamatan Candi, Sidoarjo melukis jalan di kampung mereka dengan lukisan mural tiga dimensi dalam menyambut HUT RI ke 77, Minggu (31/07/2022).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Puluhan warga RT 17, RW 05 Perumahan Taman Jenggala, Desa Larangan, Kecamatan Candi, Sidoarjo menggelar kerja bakti, Minggu (31/07/2022).

Kerja bakti yang diinisiasi para tokoh masyarakat setempat ini menghasilkan situasi dan kondisi lingkungan yang berbeda dari sebelumnya dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 77 Tahun 2022.

Hal ini setelah warga setempat sepakat mewarnai jalan yang ada di sekitar lingkungan rumah mereka dengan lukisan mural tiga dimensi. Apalagi, melukis berbahan baku itu dikerjakan warga secara swadaya.

Karena itu, saat mengenakan tidak hanya melibatkan kalangan orangtua, para pemuda dan anak-anak. Akan tetapi melibatkan semua warga sekitar.

"Kerja bakti ini dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 77 Tahun 2022. Selain jalan dilukis mural secara swadaya dan dikerjakan warga sendiri, nantinya juga akan dilanjutkan agenda kerja bakti lainnya. Yakni melengkapi dengan penghijauan tanaman buah dan bunga di kanan kiri jalan atau di depan rumah masing-masing warga," ujar Ketua RT 17, RW 05 Perumahan Taman Jenggala, Desa Larangan, Kacangan Candi, Rois Albasyar kepada republikjatim.com, Minggu (31/07/2022).

 

Hal yang sama disampaikan mentor Sanggar Kreasi Bunda, Ny Titik warga setelah. Menurutnya, lukisan mural di jalan sekitar sanggarnya itu, menunjukkan rasa kebersamaan dan gotong royong. Hal itu dilandasi nilai dasar dalam sila di Pancasila.

"Warga sendiri yang melukis. Alhamdulillah hasilnya cukup baik. Kami yakin dengan melukis mural bersama ini ada nilai kebersamaan sekaligus mengajak warga mengekspresikan diri dalam menciptakan kreatifitas di bidang seni lukis mural. Termasuk sebagai sarana rekreasi ringan bagi warga lingkungan perumahan," tegasnya.

Bagi Titik seusai semua lukisan mural tiga dimensi selesai, begitu juga dengan penghijauan atau pemberian tanaman berupa bunga hingga tanaman obat-obatan juga akan disiapkan menuju Kampung Kesenian (Village Art).

"Harapan dan cita-cita sudah sepakat untuk menjadikan kampung kami menjadi kampung Art yang hijau, asri dan nyaman dipandang," tandasnya. Hel/Waw