Rektor Ajak Media di Sidoarjo Gencar Beritakan Prestasi dan Capaian Unusida


Rektor Ajak Media di Sidoarjo Gencar Beritakan Prestasi dan Capaian Unusida GATHERING - Rektor Unusida, Fatkhul Anam memberikan paparan kepada kru media soal perkembangan dan prestasi yang telah diraih insan cendekia Unusida selama delapan tahun berdiri saat Media Gathering di RM Handayani KNV, Sidoarjo, Kamis (24/11/2022).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida), Fatkhul Anam mengajak sejumlah media yang ada di Sidoarjo untuk memberitakan seluruh prestasi dan pencapaian yang diraih kampus kaum Nahdlatul Ulama (NU) itu. Ajakan itu, lantaran selama ini sejumlah prestasi, hasil penelitian dan pengabdian masyarakat (Abdimas) serta pencapaian yang sudah diraih kampus yang ada di Jalur Lingkar Timur Sidoarjo itu, kurang diketahui dan menyentuh ke masyarakat Sidoarjo.

"Kami mengajak teman-teman media hari ini, karena kami (Unusida) butuh mitra publikasi. Terutama prestasi dan capaian kami selama 8 tahun terakhir sudah banyak, tapi belum tersampaikan dengan baik ke masyarakat. Buktinya ada pengurus Ranting NU di Sidoarjo yang tidak tahu lokasi Kampus Unusida ada dimana? Padahal, kami sudah sosialisasi ke seluruh MCW NU di Sidoarjo," ujar Rektor Unusida, Fatkhul Anam kepada republikjatim.com, Kamis (24/11/2022) saat Media Gathering.

Selama delapan tahun terakhir, kata Anam prestasi dan pencapaian Unusida sudah melebihi ekspektasi. Dia mencontohkan di Tahun 2021 kemahasiswaan peringkat ke 71 dari 4.600 Perguruan Tinggi (PT) swasta dan negeri se Indonesia. Begitu juga dengan even Institutional Sport System (ISS) Tahun 2022 Unusida menang dari 460 perguruan tinggi se Indonesia dengan mendapat bantuan senilai Rp 350 juta lebih.

"Termasuk di Tahun 2021 pemilihan mahasiswa berprestasi wakil Unusida nomor 1 di Jatim. Dia adalah Mega Firdaus dan nomor 8 Se Indonesia. Begitu juga Tahun 2020 di ajang Sienta Sience and Tecnoloy juga ikut jadi juara. Bahkan untuk penelitian dari 5.800 Perguruan Tinggi dan Lembaga Penelitian se Indonesia, Unusida ada di peringkat 123. Ini menunjukkan prestasi luar biasa tapi selama ini tidak diekspose," imbuh Anam.

Tidak hanya itu saja, di Jatim termasuk peringkat nomor 15 dari 278 Perguruan Tinggi yang ada di Jatim. Bahkan di penjaminan mutu pendidikan, Unusida peringkat 8 dari 298 Perguruan Tinggi NU di Tahun 2020 dan saat dipisahkan antara Badan Hukum Perkumpulan NU dan Yayasan, Unusida peringkat 1 di Tahun 2021 dari 40 Perguruan Tinggi versi PBNU.

"Sekali lagi sayangnya, prestasi dan capaian ini belum terkomunikasikan dengan baik. Begitu juga dengan sejumlah hasil penelitian mahasiswa dan dosen. Misalnya pengelolaan Limba Batik di Jetis. Yang selama ini produsen batik membuang limbah 2 Minggu lebih. Dengan prototipe Unusida waktu lebih pendek disumbangkan di Kampung Batik Jetis. Kita bisa sumbangkan 3 mesin pengelola limbah batik khas Sidoarjo itu. Termasuk penjernih air payau yang disumbangkan ke Kampung Nelayan di Tlocor, Jabon," tegasnya.

Sementara dalam acara Media Gathering itu, Rektor Unusida, Fatkhul Anam didampingi Wakil Rektor I (Ali Masyhuri) dan Wakil Rektor II (Lukman Hakim). Selain itu, juga didampingi Kepala Biro Humas, Kerjasama dan Pengembangan, Unusida yang baru yakni M Idham Kholiq. Menurut Idham Biro Humas, Kerjasama dan Pengembangan Unusida baru ada sejak Tahun 2021. Karena itu, baru kali ini mengajak kru media di Sidoarjo berdiskusi soal perkembangan pendidikan di Sidoarjo.

"Mulai hari ini, Unusida sangat membutuhkan publikasi karena sejak adanya biro di 2021 baru kali ini bertemu dengan kru media di Sidoarjo. Tapi, insyaallah berikutnya akan dikembangkan demi pengembangan prestasi dan pencapaian yang sudah diraih Unusida," tandas Idham yang juga Ketua FKUB Sidoarjo ini. Hel/Waw