Puluhan Pengurus PKB Sidoarjo Militan Dibaiat Menangkan Pemilu 2024


Puluhan Pengurus PKB Sidoarjo Militan Dibaiat Menangkan Pemilu 2024 ARAHAN - Sebanyak 15 PAC kader pengurus PKB dan jajarannya Kecamatan Jabon mendengarkan arahan secara virtual Ketua DPC PKB Sidoarjo, Subandi di gedung MWC NU Jabon, Minggu (21/06/2021) malam.

Sidoarjo (republikjatim.com) - Untuk mencapai target pemenang Pemilu 2024 mendatang, DPC PKB Sidoarjo terus berupaya menata mesin pemenangan di tingkat Pimpinan Anak Cabang (PAC). Selain merestrukturisasi pengurus kader pengurus partai level desa (ranting) dan memantapkan tekad partai besutan almarhum Gus Dur ini mengantar bursa calon presiden RI Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Ami di Pilpres 2024. 

Upaya penataan itu, salah satunya dengan menggelar Musyawarah Ranting (Musran) PKB serentak secara maraton se Sidoarjo masa kepemimpinan 2021-2026. Bahkan, DPC PKB Sidoarjo menggelar Musran yang digelar serentak di 5 Pimpinan Anak Cabang (PAC). Diantaranya di Sedati, Porong, Jabon, Wonoayu dan Krembung. Agenda Musran ini langsung dibuka Ketua DPC PKB Sidoarjo, Subandi yang sekaligus menjabat Wakil Bupati Sidoarjo.

Tim Perwakilan DPC PKB Sidoarjo, Mohammad Rojik mengatakan usulan nama kader partai tingkat desa (ranting) sebelum diusulkan ke DPC PKB Sidoarjo harus melalui verifikasi. Untuk verifikasi melibatkan pengurus ranting NU, Muslimat, Fatayat dan Ansor. Hal ini semua dilakukan karena partai berlambang bola dunia di kelilingi sembilan bintang ini lahir dari rahimnya yakni Nahdlatul Ulama (NU).

"Alhamdulillah semua sudah ditandatangani dan berstempel. Semua usulan nama kader partai diterima DPC PKB Sidoarjo," ujar M Rojik saat Musran di Gedung MWC NU Jabon, Minggu (20/06/2021) malam.

Rojik yang juga anggota Komisi B DPRD Sidoarjo ini menguraikan untuk wilayah Jabon terdiri dari 15 ranting dengan 70 persen wajah kader partai wajah lama. Untuk 30 persen wajah baru baik laki dan perempuan pandai Informasi dan Teknologi (IT). Bahkan loyalitasnya kepada partai tidak diragukan lagi.

"Saya berharap seusai dilantik pengurus ranting menjaga harmonisasi dengan pengurus NU beserta banomnya," imbuh anggota DPRD Sidoarjo Dapil 2 Jabon, Porong, Candi, dan Tanggulangin ini.

Bagi Rojik, sesuai dengan arahan Ketua DPC PKB Sidoarjo, Subandi dibutuhkan kerja keras, cerdas, kerja ikhlas dan kerja tuntas untuk memperoleh target kursi Pileg yang asalnya 2019 dapat 16 kursi menjadi 20 kursi Tahun 2024 mendatang. Jika kemudian tim DPC PKB akan membacakan hasil verifikasi dari DPC PKB Sidoarjo jika ada perubahan (pergeseran) nama berharap dimaklumi karena sifatnya mengusulkan.

"Karena DPC PKB punya kewenangan mutlak untuk mengganti atau menggeser atau mereposisi usulan dari bawah. Semuanya bisa diterima dan dipahami," tegasnya.

Sementara tim DPC PKB Sidoarjo memanggil satu per satu pengurus kader partai dari 15 ranting di Jabon untuk maju sekaligus disumpah jabatan yang dipimpin langsung A Mujayyin, anggota Komisi C DPRD Sidoarjo sekaligus anggota Fraksi PKB itu.

Sedangkan Musran PAC PKB Jabon dihadiri Sekretaris DPC PKB Sidoarjo, Abdillah Nasih sekaligus anggota DPRD Komisi D, Ketua Muslimat NU sekaligus DPRD Sidoarjo, Ainun Jariyah sekaligus anggota Komisi D serta A Mujayyin anggota Komisi C DPRD Sidoarjo. Selain itu, dihadiri langsung Mohammad Rojik anggota Komisi B DPRD Sidoarjo, Camat Jabon Azis Mustain, Ketua MWC NU Khusairi dan Ketua Dewan Syuro PAC PKB, Abdul Muntholib. Peserta Musran PKB Jabon menghadirkan 15 PAC PKB yang turut mengundang Muslimat, Fatayat, Perempuan Bangsa, IPNU, IPPNU dan Ansor. Zak/Waw