Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Bendo di Ponorogo Senilai Rp 1,1 Triliun


Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Bendo di Ponorogo Senilai Rp 1,1 Triliun RESMIKAN - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Kapolri, Gubernur Jatim, Bupati serta Wakil Bupati Ponorogo meresmikan Bendungan Bendo dan memonitoring vaksinasi pelajar dan santri, Selasa (07/09/2021).

Ponorogo (republikjatim.com) - Kunjungan Kerja (Kunker) Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) kedua kalinya ke Bendungan Bendo, di Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo, Ponorogo, Selasa (07/09/2021). Dalam kunjungan kedua ini, orang nomor satu di Indonesia ini agenda utamanya meresmikan Bendungan Bendo yang menyerap dana APBN Rp 1,1 triliun.

Bendungan Bendo dibangun sejak Tahun 2013 lalu. Bendungan ini diharapkan mampu memberi banyak manfaat kepada masyarakat Ponorogo dan sekitarnya yang sering kekurangan pasokan air setiap musim kemarau.

Selain itu, Bendungan ini dibangun di aliran Sungai Keyang yang merupakan anak Bengawan Madiun. Dibawah bendungan ini ada empat bendungan. Diantaranya, Bendungan Ngindeng, Bendungan Kori, Bendung Wilangan dan Bendung Jati. Tiga bendung yang pertama ada di Ponorogo mengaliri area 3.300 hektar dan Bendung Jati berada di Madiun yang mengairi 4.500 hektar.

"Bendungan Bendo ini kapasitasnya 40 juta meter kubik. Bendungan Bendo bisa dimanfaatkan untuk mensupport bendung-bendung di bawahnya," ujar Jokowi di lokasi peresmian Bendungan Bendo.

Jokowi menjelaskan Tahun 2021 ini ada 17 bendungan se Indonesia yang selesai dibangun. Salah satunya, Bendungan Bendo yang berada di Kabupaten Ponorogo yang diresmikan itu. Bahkan Bendungan Bendo ini sudah selesai dan siap difungsikan untuk memenuhi kebutuhan pasokan air bagi warga Ponorogo dan sekitarnya.

"Bendungan Bendo ini dibangun dengan biaya Rp 1,1 triliun. Kapasitasnya 43 juta meter kubik dengan luas genangan 170 hektar dan tinggi bendungan 74 meter. Selain itu Bendungan Bendo mampu menyediakan irigasi untuk 7.800 hektar sawah dan pasokan air baku 370 liter per detik. Serta mampu mengurangi banjir 31 persen atau 117, 4 meter kubik per detik," tegas orang nomor satu di Indonesia ini.

Sementara selain meresmikan Bendungan Bendo, Jokowi juga mengunjungi vaksinasi massal santri di Ponpes KH Syamsuddin Duri Sawo dan vaksin 1.000 pelajar SMK 2 Ponorogo. Dalam kunjungan itu, Jokowi diampingi Kapolri, Kapolda dan Forkopimda Ponorogo.

Selain itu, turut mendampingi Presiden RI adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa serta Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko beserta Wakil Bupati Ponorogo Lisdyarita. Mal/Waw