Pj Bupati dan Ketua Dewan Sidoarjo Anggap Kerusakan Jalan Buncitan Akibat Truk Material Pengurukan Lahan


Pj Bupati dan Ketua Dewan Sidoarjo Anggap Kerusakan Jalan Buncitan Akibat Truk Material Pengurukan Lahan SIDAK - Pj Bupati Sidoarjo, Hudiyono dan Ketua DPRD Sidoarjo, Usman menggelar sidak JL Raya Buncitan, Kecamatan Sedati, Sidoarjo yang dalam kondisi rusak berat, Jumat (29/01/2021).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Pj Bupati Sidoarjo, Hudiyono dan Ketua DPRD Sidoarjo, Usman menggelar inspeksi mendadak (Sidak) jalan rusak di Desa Buncitan, Kecamatan Sedati, Sidoarjo, Jumat (29/01/2021). Rencananya, jalan rusak yang menjadi akses utama menuju kampung nelayan Desa Karanganyar, Kecamatan Sedati ini bakal segera diperbaiki.

Sidak ini, menyusul banyaknya warga yang mengeluhkan kondisi jalan rusak yang sudah dipenuhi gelombang dan berlubang. Karena itu, dikhawatirkan akan menimbulkan korban kecelakaan.

"Mulai besok, kami mrminta jalan ini mulai diperbaiki menggunakan dana Pagu Indikatif Wilayah Kecamatan (PIWK). Agar perbaikannya bisa dilakukan secara cepat karena anggaran sudah ditransfer ke kecamatan," ujar Hudiyono.

Saat ini, kata Hudiyono untuk perbaikan fasilitas publik jalan di Sedati ini sudah dianggarkan Rp 1,8 miliar melalui dana PIWK. Dana ini bisa dipakai untuk perbaikan jalan rusak dan fasilitas publik lainnya.

"Kami menanggapi laporan dari masyarakat soal jalan banyak berlubang ini. Kemudian saya dan Ketua DPRD ingin memastikan apakah program (PIWK) ini efektif. Ini kami kolaborasikan dengan masyarakat yang melintasi jalan ini," imbuhnya.

Bagi Pj Bupati yang akrab dipanggil Cak Hud ini, untuk laporan masyarakat soal jalan rusak mulai besok akan perbaiki. Llaporan direspon cepat dengan Ketua DPRD Sidoarjo.

"Dana PIWK itu sudah ada. Dana di Kecamatan Sedati total Rp 1,8 miliar untuk menangani jalan. Dana dikeluarkan cepat karena kebutuhan mendesak jangan sampai ada korban jatuh karena jalan rusak," tegasnya.

Hudiyono minta kepada para pengembang agar truk dengan muatan lebih dari 10 ton yang sedang menggarap pengurukan lahan untuk ikut peduli membenahi jalan rusak itu.

"Karena truk dengan muatan lebih dari 10 ton berpotensi menyebabkan jalan rusak," pintahnya.

Sementara Ketua DPRD Sidoarjo, Usman mendukung langkah yang sudah dilakukan Pemkab Sidoarjo melalui terobosan dana PIWK. Upaya ini dinilai akan lebih cepat dalam merespon dan menangani jalan rusak.

"Saya berterima kasih atas respon cepat Pak PJ Bupati yang melakukan langkah-langkah konkrit atas pengaduan masyarakat," ungkapnya.

Selain itu, lanjut politisi PKB ini, ada dua cara yang bisa dilakukan untuk perbaikan jalan rusak di Desa Buncitan. Bagi Usman kerusakan parah jalan itu karena adanya lalu lalang truk yang sedang melakukan pengurukan wilayah Sedati timur. Para pengembang sudah memiliki ketentuan menaruh uang jaminan.

"Harapan kami dari uang jaminan itu bisa dimanfaatkan perbaikan jalan secara cepat. Kemudian bisa dengan dana PIWK. Karena yang paling tahu kondisi wilayah Pak Camat. Dengan dana itu Camat bisa mengambil langkah-langkah cepat menanggulangi jalan rusak meski sedikit harus langsung diperbaiki. Kewajiban pemerintah memberi rasa aman dan nyaman kepada masyarakat termasuk sarana dan prasarana jalan," tandasnya. Hel/Waw