Peringatan Hari Buku Nasional, Gerakan Abaku di KB-TK Al Muslim Tumbuhkan Budaya Literasi


Peringatan Hari Buku Nasional, Gerakan Abaku di KB-TK Al Muslim Tumbuhkan Budaya Literasi PERINGATI - Hari Buku Nasional (Harbuknas) yang diperingati setiap 17 Mei diramaikan KB TK Al Muslim dengan Perayaan Harbuknas bertema Gerakan Ayo Membaca Buku (Abaku) mendorong budaya literasi, minat baca dan menulis kalangan siswa, Selasa (17/05/2022).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Hari Buku Nasional (Harbuknas) diperingati setiap tanggal 17 Mei. Hari ini, tepat 17 Mei 2022 KB TK Al Muslim menggelar Perayaan Harbuknas bertema Gerakan Ayo Membaca Buku (Abaku) yang untuk mendorong tumbuhnya budaya literasi. Terutama, minat baca dan menulis di kalangan siswa dan guru KB TK Al Muslim Jawa Timur.

Kegiatan Harbuknas diawali senam, diikuti para guru, orang tua siswa dan siswa. Dilanjutakan pembacaan AL Qur’an surat Al Alaq ayat 1-5 oleh ananda Salman dan sari tilawah oleh Nadin dari TK B.

Kepala KB TK Al Muslim, Siti Aminah mengatakan peringatan Harbuknas melibatkan orang tua dalam meningkatkan minat baca anak. Tujuannya, agar terjalin kerja sama antara pihak sekolah dan orang tua. Tidak hanya itu, orang tua sangat antusias menuliskan harapan kepada sang buah hatinya pada kertas post it dan ditempelkan pada Buku Asa Raksasa.

"Manfaat dari membacakan buku kepada anak diantaranya meningkatkan bonding antara orang tua anak, peningkatan kosa kata anak bertambah dan keterampilan komunikasi anak juga meningkat," ujar Siti Aminah kepada republikjatim.com, Selasa (17/05/2022).

Selain itu, orang tua dan siswa dipersilahkan memilih buku yang disediakan sekolah dan perpustakaan keliling daerah yang akan dibaca bersama. Salah satu siswa B-3, Hafis dan ayahnya mempresentasikan buku yang telah dibaca berjudul Kura-Kura dan Kelinci. Hafis menggunakan topi, boneka kelinci serta kura-kura, Hafis dan ayahnya sangat antusias dan ekspresif saat menceritakan isi buku itu.

Bahkan Aisyah siswa A-1 dan bundanya juga mempresentasikan buku yang telah dibaca berjudul Bermain Asyik di Play Ground.

"Kami berharap Gerakan Abaku ini menjadi program kegiatan rutin antara pihak sekolah dan orang tua dalam meningkatkan keterampilan literasi anak baik di sekolah, rumah atau dimana saja agar menjadi habit bagi siswa KB TK Al Muslim," tandasnya. Hel/Waw