Pemulihan Ekonomi, Bupati Sidoarjo Resmikan Warung Lapangan BUMDes Mitra Usaha Sidorejo Krian


Pemulihan Ekonomi, Bupati Sidoarjo Resmikan Warung Lapangan BUMDes Mitra Usaha Sidorejo Krian RESMIKAN - Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali meresmikan Warung Lapangan yang dikelola BUMDes Mitra Usaha Desa Sidorejo, Kecamatan Krian, Sidoarjo, Sabtu (26/03/2022) sore.

Sidoarjo (republikjatim.com) - Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali terus berkomitmen kuat mempercepat pertumbuhan ekonomi Sidoarjo setelah pandemi Covid-19. Pertumbuhan ekonomi ini digerakkan dari bawah dengan mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Salah satu wujud nyata komitmen itu dengan meresmikan Warung Lapangan yang dikelola BUMDes Mitra Usaha Desa Sidorejo, Kecamatan Krian, Sidoarjo, Sabtu (26/03/2022) sore.

Kepala Desa (Kades) Sidorejo, Agus mengatakan Desa Sidorejo terdiri dari 7 dusun, 72 RT, 13 RW dengan luas wilayah kurang lebih 204.000 hektar. Pihaknya, berkeinginan kuat menjadikan lapangan sebagai alun-alun Desa Sidorejo.

"Karena itu, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Sidoarjo. Pemberian dana Bantuan Keuangan (BK) sudah realisasikan menjadi Warung Lapangan yang akan menjadi sentra kuliner warga Desa Sidorejo. Ke depan pembangunan ini bisa dilanjutkan," ujar Agus.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali yang akrab disapa Gus Muhdlor menjelaskan BUMDes sesuai arahan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, ketika berkunjung di Sidoarjo beberapa waktu lalu. Salah satu target ke depan seluruh desa di Sidoarjo harus memiliki BUMDes.

"BUMDes upaya yang bisa menyokong perekonomian desa. Ada dua jenis perekonomian yakni ekonomi makro dan ekonomi mikro. Kalau ingin survive maka yang diperkuat ekonomi mikro karena berkaitan dan menjangkau langsung masyarakat," jelas Bupati muda alumni Fisip Unair Surabaya ini.

Selain itu, Bupati muda alumni SMAN 4 Sidoarjo ini Presiden Jokowi sudah memberikan arahan untuk memakai produk dalam negeri. Hal ini seperti yang digaungkan dalam program presidensi G-20. Dalam hal ini BUMDes prinsipnya dari desa, oleh desa dan untuk desa sebagai upaya pengembangan potensi lokal di desa.

"Sekali lagi saya berharap BUMDes harus dijaga penuh dalam rangka pemulihan ekonomi di masa pandemi. Sekaligus bisa memasarkan produksi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari warga sekitar. Program seperti ini bisa mengangkat Desa Sidorejo memiliki daya saing besar dan kuat," tegasnya.

Sementara melalui BUMDes diharapkan ke depan desa terbiasa untuk berpikir kreatif. Selain itu, desa terbiasa untuk mendahulukan warganya, menyayangi warganya dan punya atensi lebih terhadap kepentingan desa itu sendiri.

"Warung Lapangan Ini bukan hanya menggerakkan dari segi ekonomi. Tetapi juga menggerakkan sosial, politik dan budaya serta bisa membawa kemaslahatan untuk seluruh warga Sidoarjo," tandasnya. Hel/Waw