Pemkab Sidoarjo Raih Penghargaan Kinerja Pencapaian IRL Terbaik Ketiga Saat Launching Program BIAN 2022


Pemkab Sidoarjo Raih Penghargaan Kinerja Pencapaian IRL Terbaik Ketiga Saat Launching Program BIAN 2022 KADO - Gubernur Jatim memberi penghargaan Pemkab Sidoarjo atas kinerja pencapaian Imunisasi Rutin Lengkap (IRL) periode Januari - Mei Tahun 2022 yang diserahkan Wagub Jatim Emil E Dardak Pj Sekda Andjar Surjadianto di Hotel Mercure, Selasa (02/08/2022).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Pemkab Sidoarjo mendapat kado manis pada pelaksanaan program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Tahun 2022. Pemprov Jawa Timur memberi penghargaan kepada Kabupaten Sidoarjo atas kinerja pencapaian Imunisasi Rutin Lengkap (IRL) periode Januari sampai Mei Tahun 2022.

Penghargaan dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa itu diserahkan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak kepada Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor) yang diwakili Pj Sekda Sidoarjo Andjar Surjadianto di Hotel Mercure Grand Mirama, Surabaya, Selasa (02/08/2022).

Penyerahan penghargaan dilakukan pada kegiatan Rakor program prioritas bidang kesehatan Jatim sekaligus launching BIAN di Jatim. Kabupaten Sidoarjo menjadi juara terbaik III dari 5 kabupaten terbaik di Jatim dalam kinerja pencapaian IRL periode Januari sampai Mei Tahun 2022.

Secara terpisah, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mengapresiasi kinerja jajarannya dalam pelaksanaan IRL. Menurutnya, pemberian imunisasi penting digalakkan. Imunisasi terbukti dapat melindungi anak-anak dari penyakit berbahaya.

"Karena dengan imunisasi, anak-anak bisa lebih sehat dan lebih produktif. Tidak hanya itu, manfaat dari imunisasi juga jauh lebih besar dibandingkan dampak yang ditimbulkan di masa depan," ujar Bupati muda yang akrab disapa Gus Muhdlor ini, Kamis (04/08/2022).

Oleh karena itu, Bupati alumni Fisip Unair Surabaya ini akan terus mendorong IRL. Apalagi, pada program BIAN tahun ini. Strategi untuk menggalakkan imunisasi rutin pada anak akan dilakukannya.

"Upaya ini untuk mengejar cakupan imunisasi rutin yang menurun signifikan akibat pandemi Covid-19," tegas Bupati alumni SMAN 4 Sidoarjo ini.

Sementara Gus Muhdlor menilai BIAN tahun ini akan diberikan imunisasi tambahan Campak dan Rubela serta melengkapi dosis Imunisasi Polio dan DPT-HB-Hib yang sudah terlewat. Pemkab Sidoarjo akan mengikuti acuan pelaksanaan BIAN dari Kementerian Kesehatan.

"Imunisasi rutin pada anak akan terus digalakkan untuk memberikan perlindungan dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I). Dengan terselenggaranya kegiatan BIAN tahun ini diharapkan kekebalan masyarakat akan terbentuk," tandasnya. Hel/Waw