Pacu Gerakan Sosial, Gus Muhdlor Gowes Bersama Ke Jabon Tanam 1.000 Pohon Trembesi


Pacu Gerakan Sosial, Gus Muhdlor Gowes Bersama Ke Jabon Tanam 1.000 Pohon Trembesi TANAM - Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor) gowes bersama Kepala Kanwil BRI Surabaya, Triswahju Herlina dan jajaran, Forkopimda serta para Kepala OPD Pemkab Sidoarjo untuk menanam 1.000 pohon di JL Raya Jabon - Tlocor, Senin (09/04/2021).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor) gowes bersama seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Sidoarjo, Jumat, (09/04/2021). Gowes bareng itu diberangkatkan dari Pendopo Delta Wibawa, Sidoarjo.

Dalam acara Gowes Bersama itu, Ketua DPRD Sidoarjo, Usman serta Kepala Kantor Wilayah BRI Surabaya, Triswahju Herlina bersama jajaran Kanwil BRI Surabaya ikut gowes kali ini. Gowes dilakukan bukan tanpa sebab.

Dari pendopo ke Jabon untuk menanam 1.000 bibit pohon trembesi. Bibit pohon trembesi ini sumbangsih dari 7.500 pegawai BRI yang berada di Kanwil BRI Surabaya. Penanaman pohon ini bagian dari program Penghijauan Pro Planet BRI.

Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor) mengatakan pelestarian lingkungan sangat dibutuhkan. Apalagi di Jabon nantinya akan digunakan sebagai daerah (kawasan) industri. Saat ini luas lahannya hampir 300 hektar. Rencananya juga bakal diperluas menjadi sekitar 750 hektar. Oleh karenanya, harus diimbangi dengan kelestarian lingkungan yang lebih baik.

"Apalagi jalan menuju Tlocor ini akan ditinjau Menteri KKP besok untuk diresmikan menjadi kawasan wisata. Tetapi masih menunggu rekomendasi dari Gubernur Jatim sebagai tempat daerah wisata," ujar Gus Muhdlor.

Lebih jauh, Gus Muhdlor menjelaskan perlu dipastikan dahulu jalan menuju Tlocor sudah indah dan rindang sebelum ditinjau dan diresmikan menjadi kawasan wisata. Salah satunya dengan dengan melakukan penghijauan seperti ini. Menurutnya selain sebagai penghasil oksigen yang baik, pohon trembesi merupakan penjaga air tanah yang bagus. Oleh karenanya sangat tepat jika ditanam di JL Raya Jabon - Tlocor itu.

"Trembesi ini selain penghasil oksigen yang baik, juga penjaga air tanah yang paling bagus. Ini penting, karena air tanah juga sudah mulai agak tercemar. Makanya harus ada penanaman lebih massif lagi terutama tumbuhan-tumbuhan yang spesialis memperbaiki kualitas air tanah," imbuhnya.

Gus Muhdlor juga mengucapkan terima kasih kepada para pelajar SMK yang ikut terlibat dalam penanaman 1.000 pohon trembesi ini. Dirinya berharap apa yang dilakukannya akan bermanfaat bagi masa depan masyarakat Sidoarjo.

"Belum pernah di Sidoarjo ada politik Social Movement (gerakan sosial), mulai saat ini Social Movement kita pacu dengan melibatkan pelajar sekolah dalam penanaman pohon. Gerakan ini akan memupuk jiwa kepedulian generasi muda untuk peduli kelestarian lingkungan," tegasnya.

Sementara Kepala Kantor Wilayah BRI Surabaya, Triswahju Herlina menegaskan penanaman 1.000 pohon dinamakan Gerakan Mengetuk Pintu Langit. Alasannya agar ada ridho Allah SWT yang sangat dibutuhkan dalam setiap pekerjaan. Salah satu cara untuk mendapatkan ridho itu adalah dengan menebar kebaikan. Seperti melakukan penghijauan dengan menanam 1.000 pohon Trembesi itu.

"Gerakan mengetuk pintu langit karena bagi kami setiap kinerja itu tidak hanya bekerja saja, tapi juga perlu ridho Alloh SWT. Nah ini salah satu cara kami untuk mencari ridho Alloh dengan menebar kebaikan. Kegiatan kali ini buka CSR BRI. Tapi, murni dari seluruh pegawai BRI yang berada di Kantor Wilayah BRI Surabaya yang berjumlah 7.500 orang. Jadi ini gerakan murni dari pribadi-pribadi pekerja BRI," ungkapnya.

Bahkan Triswahju mengaku tersanjung dengan apa yang dilakukan Bupati Sidoarjo, Gus Muhdlor dalam mendukung kegiatannya kali ini.

"Saya terus terang sangat tersanjung sekali. Karena yang hadir luar biasa banyak. Bahkan bisa menggerakkan anak-anak SMK yang insyaallah itu adalah cara Bupati Sidoarjo untuk menghidupkan hati anak-anak SMK agar memiliki kepedulian dengan lingkungan maupun kepedulian sosial," tandasnya. Adv/Hel/Waw