Mie Luntas Sayur Daun Kelor Balongbendo, Kuliner Menyehatkan Bagi Kaum Milenial


Mie Luntas Sayur Daun Kelor Balongbendo, Kuliner Menyehatkan Bagi Kaum Milenial MIE LUNTAS - Salah seorang pembeli, Mukhlason menikmati Mie Luntas sayur kelor milik Ririn Wulandari di Omah Sinom Luntas, Desa/Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo, Jumat (29/01/2021).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Berawal dari merintis produksi minuman Sinom Luntas Tahun 2018, kini Ririn Wulandari yang hobi memasak ini mencoba keberuntungan lain dengan mengembangkan sayap usahanya dengan membuka kuliner Mie Luntas. Gayung bersambut. Usaha yang dirintis sejak 10 Januari 2021 itu, tidak disangka laris manis dan digemari kaum milineal.

Di tangan ibu tiga anak ini, hasil olahan mie yang berwarna hijau yang berbahan dasar daun Luntas. Ditambah sayur daun kelor patut dicoba. Apalagi, di Omah Sinom Luntas itu, tempatnya terasa seperti di Kafe dan Resto. Tetapi, semua makanan dan minumannya harga kaki lima dengan rasa hotel bintang lima. Selama ini, Ririn Wulandari membuat sendiri olahan Mie Luntas itu.

Lokasi Omah Sinom Luntas itu, juga sangat mudah dijangkau. Hanya berjarak 50 meter dari pintu masuk By Pass Balongbendo dari arah Mojokerto menuju Surabaya. Tepatnya masuk RT 05, RW 02, Desa/Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo, Jawa Timur.

Sejumlah menu istimewa di Omah Sinom Luntas ini diantaranya mie luntas sayur kelor, mie keju dan mie luntas hot level 1, 2 dan 3 juga tersedia. Jadi, tidak perlu jauh-jauh ke kota lain, untuk bisa menikmati menu mie menyehatkan itu. Bahkan rasa nikmatnya sudah teruji.

Tidak hanya mie luntas saja yang jadi andalan, Ririn Wulandari juga menyediakan minuman yang berbahan dasar rempah-rempah. Seperti sinom luntas, luwak dan kelor yang khasiatnya terbukti dapat meningkatan imun tubuh selama masa pandemi Covid-19.

"Saya tahu menu mie luntas ini dari teman-teman dan media sosial. Akhirnya saya mencoba datang dan menikmati mie luntas ini. Rasanya, tidak jauh beda dengan lainnya. Tapi, ada khas tersendiri. Khasnya, terbuat dari sayur mayur seperti daun luntas dan daun kelor," ujar salah seorang pelanggan Mie Luntas, Mukhlason, Jumat (29/01/2021).

Mukhlason yang kini menjabat sebagai Kapolsek Krian ini mengaku memilih mie luntas karena situasi pandemi Covid-19. Baginya selama pandemi Covid-19, semua harus banyak meningkatkan imun tubuh.

"Lha menambah imun tubuh itu didapat dari makan sayuran dan buah-buahan. Makanya, mie luntas sayur kelor ini sangat cocok dan sangat dibutuhkan untuk menjaga stamina dan imun tubuh selama pandemi Covid-19," ungkap perwira polisi berpangkat melati satu di pundaknya ini.

Sementara Pemilik (Owner) Mie Luntas, Ririn Wulandari menceritakan usahanya itu dirintis sejak tiga tahun lalu. Awalnya, dengan membuat produk minuman herbal seperti sinom luntas. Kemudian terpikirkan inspirasi daun luntas yang jarang dikonsumsi kaum milineal saat ini. Rata-rata kaum milenial menikmati makanan cepat saji.

"Saya ingin meningkatkan konsumsi luntas karena banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Karena itu, saya mencoba pengembangan produk makanan yang bisa dinikmati kaum milineal. Hasilnya, mie daun luntas ini mulai digemari para pelanggan dari kaum milenial," tegasnya.

Ririn mengaku berkeinginan memiliki usaha makanan sehat dan bisa berbagi kesehatan untuk kaum muda sekarang ini. Hal ini, bermula dari keprihatinannya beredarnya makanan siap saji yang terkadang kurang menyehatkan bagi generasi penerus bangsa.

"Mie luntas ini makanan yang banyak manfaatnya. Selain meningkatkan sistem kekebalan imun tubuh, juga menghilangkan detok racun dalam tubuh, mengobati gangguan pencernaan dan menghilangkan bau badan terutama bagi perempuan (cewek) agar tetap wangi dan harum," paparnya.

Sedangkan untuk daun kelor sendiri, lanjut Ririn dijuluki sebagai daun ajaib. Hal ini, karena daun kelor manfaatnya sangat luar biasa. Selain bisa menghilangkan tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol, menetralkan kadar gula, baik untuk jantung, mengontrol tekanan darah dan meningkatkan daya tahan tubuh.

"Makanya daun kelor ini dijuluki daun ajaib. Saya berkringinan daun kelor itu bisa dinikmati kaum milineal menjadi makanan favorit kekinian," pungkasnya. Zak/Hel/Waw