Lulus Memuaskan, Siswa Siswi SMA Al Muslim Bantu Kedua Orang tua, Bikin Video Perjalanan 3 Tahun di Sekolah


Lulus Memuaskan, Siswa Siswi SMA Al Muslim Bantu Kedua Orang tua, Bikin Video Perjalanan 3 Tahun di Sekolah LULUSAN VIRTUAL - Para siswa SMA Al Muslim merasakan kesenangan lantaran hari ini diumumkan kelulusannya meski hanya melalui virtual yang dilengkapi dengan aksi kelulusan, Senin (03/05/2021).

Sidoarjo (republikjatimmcom) - Hari ini, Senin (03/05/2021) menjadi momen penting bagi pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) se Indonesia. Karena hari ini seluruh siswa-siswi SMA sederajat mendapatkan pengumuman kelulusan di sekolah masing-masing.

Momen kelulusan ini tidak disia-siakan SMA Al Muslim sebagai momen yang penuh dengan kesan dan bermakna. Meskipun kondisi pandemi Covid-19 masih berlangsung, momen kelulusan dimanfaatkan sebagai momen yang dapat menjadi kenangan selama belajar di SMA Al Muslim selama tiga tahun.

"Berdasarkan syarat kelulusan, yakni nilai pengetahuan, sikap dan capaian target program unggulan SMA Al Muslim tercapai dengan baik. Alhamdulillah semua siswa kelas 12 kami nyatakan lulus semua," ujar Kepala SMA Al Muslim, Mahmudah kepada republikjatim.com, Senin (03/05/2021).

Selain itu, Mahmudah menjelaskan kelulusan yang diperoleh siswa-siswi di SMA Al Muslim tidak hanya sekedar tuntas secara akademik. Akan tetapi, siswa-siswi juga harus tuntas secara non akademik. Salah satunya harus mengalami wisuda mengaji pada jenjang di atasnya.

"Karena sudah menjadi keharusan mengikuti wisuda mengaji sebagai syarat kelulusan. Ini menjadi komitmen SMA Al Muslim untuk membekali siswa-siswi SMA Al Muslim yang Qurani," imbuhnya.

Mahmudah menguraikan pengumuman kelulusan yang dilaksanakan secara virtual ini tidak hanya sekedar menyampaikan pengumuman saja. Akan tetapi juga ada beberapa hal yang disiapkan sekolah untuk menjadikan momen spesial ini agar dapat dikenang siswa-siswi kelas 12. Diantaranya membuat video throwback yang menayangkan kenangan kegiatan siswa selama belajar di SMA Al Muslim.

"Ini dapat menjadi media yang mengingatkan siswa-siswi saat belajar di SMA Al Muslim serta beberapa video menarik yang ditampilkan saat melakukan video conference melalui zoom," tegasnya.

Sementara Panitia Pengumuman Kelulusan SMA Al Muslim, Uswatun Khasanah menegaskan pihak sekolah sengaja menyiapkan momen kelulusan sebagai momen yang spesial bagi siswa kelas 12. Tujuannya agar menjadi kenangan tersendiri ketika para siswa sudah menjadi alumni. Bahkan tidak kalah menariknya, ustadz dan ustadzah juga dikejutkan oleh video rewind yang dibuat siswa-siswi menampilkan video perjalanan belajar selama di Al Muslim.

"Sehingga aksi kelulusan yang biasanya identik dengan corat-coret dan konvoi, kali ini siswa-siswi SMA Al Muslim mewujudkannya sebagai rasa syukur atas kelulusan dengan melakukan berbagai hal yang bermanfaat untuk kedua orang tua dan lingkungan sekitarnya," ungkapnya.

Berbagai aksi sebagai wujud terima kasih kepada orang tua atas kelulusan ini dilakukan beberapa siswa melalui aksi membersihkan sepatu orang tua, membantu membersihkan rumah, mencuci piring hingga menyetrika semua pakaian orang tua.

"Aksi kelulusan sebagai wujud terima kasih kepada orang tua ini merupakan bagian dari implementasi nilai-nilai leadership sebagai program unggulan SMA Al Muslim yakni peduli dan berbagi," tandasnya. Hel/Waw