Longsor di Perbatasan Ponorogo - Pacitan, Khawatir Longsor Susulan 8 KK Warga Tugurejo Diungsikan


Longsor di Perbatasan Ponorogo - Pacitan, Khawatir Longsor Susulan 8 KK Warga Tugurejo Diungsikan LONGSOR - Petugas Polsek, Koramil dan Pemdes serta warga Desa Tugurejo, Kecamatan Slahung, Ponorogo saat membersihkan material longsor yang menutup badan jalan, Sabtu (20/11/2021).

Ponorogo (republikjatim.com) - Kapolsek Slahung AKP Hariyono bersama anggotanya beserta Pemdes dan warga Desa Tugurejo, Kecamatan Slahung, Ponorogo bersama-sama kerja bakti membersihkan puing longsoran. Longsoran berupa tanah dan bebatuan yang menutup jalan penghubung antar Desa Tugurejo (Ponorogo) dan Dusun Kali Gondang, Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan, Sabtu (20/11/2021).

Kapolsek Slahung AKP Hariyono mengatakan hujan deras Jum' at (19/11/2021) malam dengan intensitas tinggi mengakibatkan terjadinya bencana alam tanah longsor di Sabtu (20/11/2021) pagi. Lokasinya di Dusun Tugunongko RT 03 RW 04 Desa Tugurejo, Kecamatan Slahung Ponorogo.

"Longsor menimbun jalan menuju Dusun Kali Gondang Desa Gemaharjo Kecamatan Tegalombo, Pacitan," ujar Kapolsek Slahung AKP Hariyono kepada republikjatim.com, Sabtu (20/11/2021).

Hariyono menjelaskan saat longsor tidak ada korban jiwa. Akan tetapi menyebabkan jalan penghubung antar Desa Tugurejo dan Dusun Kali Gondang Desa Gemaharjo Pacitan tertimbun material longsor sehingga jalan tidak bisa dilewati warga.

"Untuk mengantisipasi adanya korban jiwa dan longsor susulan kami berkoordinasi dengan instansi terkait termasuk Pemdes Desa Tugurejo. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada 8 (delapan) Kepala Keluarga (KK) yang kami diungsikan karena rumahnya berada tidak jauh dari titik longsor," tegasnya.

Sementara saat ini pihaknya bersama masyarakat, anggota Koramil Slahung dan Pemdes Desa Tugurejo bergotong royong membersihkan longsoran tanah yang menutup jalan antara Desa Tugurejo - Dukuh Kali Gondang Desa Gemaharjo Pacitan itu.

"Sekarang jalan dapat digunakan kembali sebagaimana mestinya," tandasnya. Mal/Waw