Kanstin Trotoar Alun-Alun Ponorogo Bertahun-Tahun Dibiarkan Rusak Amburadul Tanpa Perbaikan


Kanstin Trotoar Alun-Alun Ponorogo  Bertahun-Tahun Dibiarkan Rusak Amburadul Tanpa Perbaikan AMBURADUL - Kondisi kanstin (pembatas trotoar jalan) Alun-Alun timur Ponorogo yang tampak amburadul, Sabtu (05/06/2021).

Ponorogo (republikjatim.com) - Pemandangan ironis ada di depan Gedung DPRD dan di depan Gedung Kantor Pemkab Ponorogo. Kanstin (pembatasan trotoar jalan) di sisi timur Alun-Alun Ponorogo rusak dan terkesan dibiarkan amburadul sejak bertahun-tahun.

Kanstin trotoar yang membentang dari ujung selatan hingga ujung utara di timur Alun-Alun Ponorogo ini termasuk wajah pembangunan Pemkab Ponorogo. Hingga kini, amburadulnya kanstin trotoar ini terkesan tak terurus dan tidak terarawat. Karena kanstin banyak yang lepas hingga membuat beberapa tempat duduk permanen yang dibuat dari semen di trotoar itu keropos pondasinya karena tanahnya tergerus.

"Pemandangan ini sangat ironis. Karena lokasinya di depan kantor DPRD dan di depan Kantor Pemkab Ponorogo. Tapi, mala dibiarkan pembatas trotoar dengan badan jalan (kanstin) banyak yang lepas dan tdak segera diperbaiki," ujar Suwiryo warga Somoroto kepada republikjatim.com, Sabtu (05/06/2021).

Hal senada dikatakan Bety (27) warga Madiun. Dia mengaku kagum melihat beberapa bangunan di Ponorogo. Namun sayangnya, perbaikan Alun-Alun Ponorogo terkesan tidak terawat dan dibiarkan begitu saja.

"Padahal, Alun-Alun ini sentral masyarakat berkumpul, baik dari dalam maupun luar kota. Sudah selayaknya dibangun dan diperbaiki agar Alun-Alun tertata indah. Setahun lalu saya ke sini masih terap saja dibiarkan rusak. Mulai depan toilet umum ke utara trotoarnya berantakan," ungkap perempuan berkacamata ini.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pemkab Ponorogo, Jamus Kunto Purnomo mengaku untuk awal tahun ini belum dianggarkan perbaikan kanstin itu. Sementara kabel-kabel yang tertanam di dalam kanstin atau trotoar tampak tanah yang menimbunnya tergerus juga masih belum bisa diperbaiki.

"Tahun ini belum ada anggaran. Tidak tahu kalau di P-APBD. Perencanaannya saya juga belum tahu. Yang lebih tahu Bappeda coba ditanyakan ke sana," tandasnya.

Sementara Kepala Bappeda Litbang Pemkab Ponorogo, Sumarno ketika dikonfirmasi melalui ponselnya enggan memberikan jawaban. Bahkan hingga kini belum membuka pesan whatshapp (WA) soal pertanyaan penganggaran itu hingga berita ini ditulis. Mal/Waw