Jelang Libur Idul Fitri 1443 Hijriyah Ruang Kakanwil Kemenkumham Jatim Disegel Pegawainya Sendiri


Jelang Libur Idul Fitri 1443 Hijriyah Ruang Kakanwil Kemenkumham Jatim Disegel Pegawainya Sendiri SEGEL - Ada pemandangan kurang aneh menjelang libur panjang Idul Fitri 1443 Hijriyah karena karyawan Kanwil Kemenkumham Jatim menyegel Ruang Kepala Kanwil sendiri dan sejumlah pimpinan lainnya, Kamis (28/04/2022).

Surabaya (republikjatim.com) - Ada pemandangan kurang aneh menjelang libur panjang Idul Fitri 1443 Hijriyah di kantor Kanwil Kemenkumham Jatim. Para pegawai menyegel Ruang Kepala Kanwil sendiri. Penyegelan itu dilakukan Kamis (28/04/2022).

Kebetulan saat itu Plt Kakanwil Kemenkumham Jatim Wisnu Nugroho Dewanto sedang tidak ada di tempat karena sedang menjalani tugas sebagai Kepala Biro Keuangan Kemenkumham. Setelah menyegel ruangan, Kadiv Administrasi Indah Rahayuningsih yang memimpin tim menelepon Wisnu.

"Ruangan bapak sudah kami segel," ujarnya.

Tidak hanya ruangan kakanwil, tim juga menyegel ruangan kerja yang lain. Mereka mematikan aliran listrik dan memastikan seluruh ruangan agar aman. Indah menjelaskan penyegelan ini memang dalam rangka persiapan jelang hari libur Idul Fitri.

"Hal ini sebagai tindakan antisipasi untuk menghadapi gangguan keamanan lingkungan kerja selama libur panjang," ucap Indah.

Indah menjelaskan kegiatan ini sebagai tindak lanjut Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kemenkumham Komjen Pol Andap Budhi Revianto Nomor SEK.-UM 05.02-119 tentang Petunjuk dan Arahan Menyikapi Cuti Bersama Serta Libur Lebaran TMT Hari Jumat tanggal 29 April sampai 06 Mei 2022.

Sebelum cuti berlangsung, Andap meminta seluruh ruangan kantor dipastikan dalam kondisi clean and clear. Ditemani Kadiv Imigrasi Hendro Tri Prasetyo, Indah nampak mengawasi proses sterilisasi ruangan oleh para pegawai itu.

Hendro menambahkan upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi kejadian tidak terduga seperti kebakaran dan gangguan keamanan lainnya. Sterilisasi dimaksud antara lain mematikan komputer, listrik, lampu dan peralatan elektronik lainnya yang biasa digunakan pegawai dalam menjalankan tugas dan fungsinya sehari-hari.

"Menghadapi libur panjang ini kita harus tetap waspada," tegas Hendro.

Dia juga berharap ruangan yang telah diperiksa akan diberi tanda 'DISEGEL' untuk memastikan ruangan dimaksud telah selesai diperiksa keamanannya. Guna tertib administrasi kantor, lanjutnya, agar berkas tidak tertunggak atau terbengkalai maka seluruh pekerjaan juga harus segera diselesaikan.

"Pukul 10.00 WIB, seluruh pekerjaan keadministrasian sudah harus clean and clear," pintahnya.

Sementara dalam kesempatan lain, Wisnu juga menginstruksikan jajarannya jika terdapat peristiwa menonjol saat libur, maka dilakukan cegah dini sehingga masalah tidak meluas.

"Seluruh petugas telah disiagakan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga itu," tandasnya. Kem/Hel/Waw