Hobi Pelihara Burung Merpati, Bupati Ponorogo Memiliki 500 Ekor di Pringgitan


Hobi Pelihara Burung Merpati, Bupati Ponorogo Memiliki 500 Ekor di Pringgitan MERPATI - Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko nemiliki 500 merpati di pelataran belakang Pringgitan, Sabtu (17/04/2021).

Ponorogo (republikjatim.com) - Kisah ini mengingatkan kita terhadap lagu di era 80-an yang dinyanyikan Paramita Rusadhi "Merpati Tak Pernah Ingkar Janji". Barangkali judul lagu era 80-an itu yang membuat Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko begitu kesengsem dengan hewan terbang ini.

Saking cintanya, dia sampai saat ini memiliki atau memelihara 500 ekor merpati di pelataran belakang Rumah Dinas Pringgitan Ponorogo. Dari pengakuan Kang Giri, sapaan akrab Bupati Ponorogo yang sudah keluar masuk pasar burung. Ia membeli burung sendiri dari koceknya.

"Saya ke pasar Sumoroto belanja burung merpati segala macam dan jenis merpati. Saya sudah belanja di pasar burung Tonatan. Sekarang di belakang Pringgitan sudah ada 500 ekor burung merpati. Itu akan terus bertambah agar sampai jumlah ribuan pasang merpati. Sembari kunjung pasar, selain dapat merpati kita bisa sambang dulur pasar," ujar Kang Giri saat bersama republikjatim.com, Sabtu (17/04/2021).

Ketika disinggung terkait peliharaan merpati, Sugiri mengaku hobi terhadap merpati sejak dirinya duduk di bangku sekolah dasar. Pelihara merpati yang direncanakan mencapai ribuan pasang lantaran tersimpan pesan moral pada burung jinak itu.

"Saya memilih burung merpati ini, karena ada pesan moral seperti judul film Merpati Tak Pernah Ingkar Janji," imbuhnya.

Merpati-merpati dengan aneka warna ini, dibiarkan berkeliaran bebas di belakang rumah Dinas Pringgitan. Burung-burung itu, tampak bercengkrama di taman rerumputan halaman belakang rumah dinasnya. Selain itu, merpati saat dilepas akan selalu pulang ke kandangnya. Bahkan Sugiri menilai burung merpati bisa mendeteksi medan magnet bumi.

"Magnet kecil yang melilit di dalam perutnya membantu hewan ini mampu mendeteksi medan magnet bumi. Inilah yang membantu sistem kemudi merpati menemukan jalan pulang. Kemampuan merpati menemukan kembali jalan pulang karena hewan ini mampu merasakan medan magnet bumi. Inilah keunikan merpati," pungkasnya. Mal/Waw