Hendak Bobol ATM BCA di Alfamart Trosobo, Spesialis Asal Sedati Diringkus Karena Kesiangan dan Ditinggal Teman


Hendak Bobol ATM BCA di Alfamart Trosobo, Spesialis Asal Sedati Diringkus Karena Kesiangan dan Ditinggal Teman OLAH TKP - Sejumlah petugas Polsek Taman dan Polresta Sidoarjo menggelar olah TKP kasus percobaan pencurian dan pembobolan mesin ATM BCA di Alfamart JL Raya Desa Trosobo, Kecamatan Taman, Sidoarjo, Kamis (19/11/2020).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Tersangka kasus percobaan pencurian dan pembobolan ATM BCA di dalam Alfamart JL Raya Desa Trosobo, Kecamatan Taman, Sidoarjo, Sugeng Supriyono warga JL H Syukur V/05, Kelurahan Sedatigede, Kecamatan Sedati, Sidoarjo tak bisa berkutik saat dikepung diamankan polisi. Pemuda 29 tahun ini, hanya bisa pasrah saat dirinya ditangkap petugas gabungan Polsek Taman dan Polresta Sidoarjo.

Hal ini, lantaran aksi percobaan pencurian di ATM BCA itu kesiangan. Sedangkan rekan tersangka, FP berhasil kabur bersamaan saat petugas mendatangi lokasi kejadian. Namun, identitasnya FP sudah dikantongi petugas.

"Kami berhasil mengamankan satu dari dua pelaku percobaan pembobolan ATM itu," ujar Kapolsek Taman, Kompol Hery Setyo Susanto, Kamis (19/11/2020).

Lebih jauh, Hery menjelaskan selain mengamankan tersangka, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti dalam kasus percobaan pencurian dan pembobolan ATM itu. Diantaranya, satu set tabung las, sebuah tabung gas elpiji ukuran 3 kilogram, sebuah linggis kecil, sebuah bekas potongan pintu harmonika, sebuah gembok beserta rantai, sebuah benner ukuran 1x1,5 meter dan sebuah helm gojek.

"Tersangka bakal dijerat pasal 363 ayat (1) ke 4e KUHP jo pasal 53, 55 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan," imbuhnya.

Hery menceritakan jika dalam kasus pencurian di ATM milik PT Abacus selaku pengelola ATM yang bekerjasama dengan BCA ini bermula sekitar pukul 02.35 WIB saksi Januarianto (34) melaksanakan kerja monitoring. Kemudian saksi melihat di area ATM Alfamart JL Raya Trosobo ada problem. Selanjutnya saksi menghubungi bagian lapangan saksi, Iwan Setiawan (26) untuk mengecek lokasi. Setelah dicek diketahui pintu harmonika Alfamart rusak berlubang bekas dilas.

"Seketika saksi Iwan Setiawan memberitahukan kejadian itu ke bagian monitoring hingga bagian monitoring menghubungi petugas Polsek Taman," tegasnya.

Mendapat laporan itu, kata Hery petugas piket Reskrim langsung mendatangi TKP. Hasilnya diketahui salah satu tersangka masih berada di dalam Alfamart. Kemudian tersangka berusaha melarikan diri melalui atap plavon. Tetapi tersangka tidak berhasil. Tidak lama kemudian, karyawan Alfamart datang untuk membuka pintu. Selanjutnya tersangka berhasil ditangkap dan diamankan polisi.

"Untuk teman tersangka FP berhasil kabur dan dalam pengejaran petugas. FP bertugas berjaga di depan. Dia berhasil melarikan diri saat petugas datang. Pencurian dilakukan tersangka dengan cara pintu Harmonika dijebol menggunakan las. Setelah masuk mesin ATM juga dibuka menggunakan las," jelasnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, lanjut Hery tersangka merupakan spesialis pembobolan ATM di beberapa tempat. Berdasarkan pengakuannya sebelum ditangkap berhasil membobol 4 ATM di sejumlah lokasi yang berbeda-beda. Diantaranya, pencurian (membobol ATM) 20 Oktober 2020 sekitar pukul 04.00 WIB dengan TKP ATM Mandiri Menganti, Gresik, tanggal 20 Oktober 2020 sekitar pukul 01.00 WIB dengan TKP ATM BNI Mojokerto Kota, tanggal 25 Oktober 2020 dengan TKP ATM BNI Pilang, Wonoayu dan tanggal 16 November 2020 dengan TKP ATM Bank Jatim di depan Maspion III Desa Seruni, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo.

"Kasus ini masih dalam pengembangan dan penyelidikan petugas. Apalagi, aksinya juga membobol ATM di sejumlah wilayah tetangga yakni Mojokerto dan Gresik. Artinya tersangka memiliki kemampuan spesial dalam membobol ATM," tandasnya. Yan/Hel/Waw