Healthy Day di SMP Al Muslim Dikolaborasikan Hari Menanam Pohon Indonesia, Siswa Tanam Buah di TPST Berbek


Healthy Day di SMP Al Muslim Dikolaborasikan Hari Menanam Pohon Indonesia, Siswa Tanam Buah di TPST Berbek TANAM - Siswa dan siswi SMP Al Muslim JL Raya Wadungasri, Kecamatan Waru, Sidoarjo menaman bibit pohon buah dalam pot diletakkan di sekitar aula untuk menambah penghijauan yang ada sekolah dalam program Healthy Day, Sabtu (27/11/2021).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Program SMP Al Muslim yang ada di JL Raya Wadungasri, Kecamatan Waru, Sidoarjo rutin digelar setiap akhir bulan dalam bentuk healthy day. Healthy day di bulan November ini bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional bertema Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku.

Tujuan kegiatan ini adalah vaksinasi secara nasional agar terbentuk kekebalan kelompok. Selain itu, agar kegiatan kemanusiaan agar berjalan normal. Meski saat ini, belum 100 persen.

Penyerapan karbondioksida yang dihasilkan transportasi membutuhkan pengolahan agar kembali menjadi oksigen. Sehingga, oksigen dapat dihirup kembali oleh manusia. Karena itu, SMP Al Muslim menggelar acara healthy day (Hari Kesehatan) dengan menanam pohon di sekolah dan sekitarnya. Yakni di Desa Berbek, Kecamatan Waru. Tepatnya di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Desa Berbek.

"Kami menanam pohon di TPST Berbek ini, karena tempat itu masih jarang pohon dan pengolahan sampah warga dengan pembakaran. Meski pembakaran menggunakan alat dan hasil pembakarannya tidak menunjukkan warna hitam, tetapi diperlukan pengolahan karbondioksida menjadi oksigen," ujar Ketua Panitia, Ustadzah Nurun Nisa’ul Istiqomah kepada republikjatim.com, Sabtu (27/11/2021).

Lebih jauh, Nurun menjelaskan pelaksanaan penanaman dimulai pukul 07.30 sampai pukul 10.00 WIB. Kegiatan ini dilaksanakan dua siswa per kelas, seluruh guru dan petugas kebersihan sekolah. Kemudian dibagi menjadi dua kelompok untuk menanam bibit pohon.

"Sebelumnya, kami bekerja sama dengan BPDAS Brantas Kemlagi Mojokerto untuk penyediaan bibit tanaman yang ditanam. Ada tujuh jenis bibit tamaman yaitu pohon Jati (Tectona grandis), Sengon (Albizia chinensis), Tabebuya (Tabebuia), Buah Kelengkeng (Dimocarpus longan), Buah Nangka (Artocarpus heterophyllus), Buah Jambu (Psidium guajava), Buah Rambutan (Nephelium lappaceum). Kegiatan penanaman ini ditayangkan secara live di Instagram (IG) SMP Al Muslim," ungkapnya.

Pemandu Live IG, Nabiilah Adzra siswi kelas IX B. Selain perwakilan siswa yang ke sekolah, siswa yang ada di rumah juga bisa melihat live IG kegiatan penanaman pohon itu. Mereka juga melakukan kegiatan penanaman pohon atau mengembangbiakkan tanaman yang ada di rumah masing-masing. Nabiilah memandu acara dengan tanya jawab kepada salah satu siswa, beberapa guru, perwakilan Pemerintah Desa Berbek dan penanggung jawab TPST Berbek.

"Kegiatan menanam berlangsung dengan lancar dan siswa yang mengikuti penanaman juga antusias. Dengan menanam satu pohon saja, sudah membantu kehidupan di bumi ini," tegas Zhafiree Mumtaaz peserta tanam pohon sekaligus siswa SMP Al Muslim.

Sementara kelompok yang menaman di sekolah dengan menanam bibit pohon buah di dalam pot. Pot tanaman itu diletakkan di sekitar aula untuk menambah penghijauan yang ada sekolah. Kemudian menanam tanaman keras di lahan yang masih kosong di sekitar lapangan.

"Kami berharap kegiatan penanaman pohon tetap dilaksanakan agar bumi kita tetap hijau dan banyak menghasilkan okgien," tandas Nurun Nisa’ul Istiqomah. Hel/Waw