Gus Syaikhul Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Dorong Pengembangan UMKM di Sidoarjo


Gus Syaikhul Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Dorong Pengembangan UMKM di Sidoarjo SOSIALISASI - Anggota MPR RI, Syaikhul Islam Ali (Gus Syaikhul) menggelar sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan diikuti 150 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Cafe Belimbing, Desa Watesari, Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo, Selasa (23/11/2021) malam.

Sidoarjo (republikjatim.com) - Anggota MPR RI, Syaikhul Islam Ali (Gus Syaikhul) terus gencar menggelar sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan. Kali ini, anggota Komisi VII DPR RI ini, sosialisasi dengan menggandeng para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Sidoarjo. Targetnya agar Sidoarjo yang dikenal sebagai Kota UMKM ini, para pelaku UMKM dapat segera berkembang pesat.

Dalam sosialisasi yang digelar di Cafe Belimbing, Desa Watesari, Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo itu diikuti sekitar 150 pelaku UMKM yang sebagian besar memiliki usaha di wilayah Sidoarjo barat. Materi utamanya yakni soal pemahaman makna dan aplikasi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika dalam mewujudkan kesadaran masyarakat tentang kehidupan berbangsa dan bernegara. Termasuk mengembangkan UMKM sebagai soko guru kebangkitan perekonomian nasional.

"Kami meminta para pelaku UMKM sebagai tulang punggung perekonomian bangsa agar terus berkembang dan memajukan usahanya sekaligus menyebarkan nilai-nilai kebangsaan kepada masyarakat sebagai konsumen," ujar Syaikhul Islam Ali kepada republikjatim.com, Selasa (23/11/2021) malam.

Politisi PKB Dapil I Jatim Surabaya dan Sidoarjo ini menjelaskan selama ini, para pelaku UMKM menjadi salah satu pilar perekonomian bangsa yang terbukti bertahan di masa-masa sulit. Termasuk saat menghadapi pandemi Covid-19.

"Karena itu, 4 pilar kebangsaan harus dikembangkan kepada kelompok, komunitas maupun para UMKM di Sidoarjo agar memegang teguh 4 pilar kebangsaan yang mampu menata kehidupan berbangsa dan bernegara itu," imbuhnya.

Bagi Gus Syaikhul, sosialisasi 4 pilar kebangsaan bagi para pelaku UMKM bakal mampu menyebarluaskan nilai-nilai kebangsaan yang terkandung dalam 4 pilar kebangsaan hingga ke masyarakat perkotaan dan pedesaan. Apalagi, UMKM selalu memilik jejaring yang kuat dan menjadi sektor perekenomian yang dapat menyerap banyak tenaga kerja.

"Bahkan UMKM ini memilik produk-produk yang mengandalkan kearifan lokal. Kemungkinan melalui UMKM pesan-pesan penting yang terkandung dalam 4 pilar kebangsaan, Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia serta Bhineka Tunggal Ika dapat tersebar kepada masyarakat luas sebagai konsumen produk UMKM lokal Sidoarjo itu," tegas Wakil Ketua Fraksi PKB DPR RI ini.

Selain itu, Gus Syaikhul yang juga putra KH Agoes Ali Masyhuri pengasuh Pesantren Progresif Bumi Shalawat Lebo, Sidoarjo ini mengajak semua pelaku UMKM untuk selalu menerapkan hidup sehat. Yakni dengan gemar makan ikan segar.

"Karena Sidoarjo sebagai juga sebagai penghasil ikan terbesar di Jawa Timur karena hasil olahan budidaya tambak. Makanya sosialiasi ini juga menerapkan protokol kesehatan ketat. Peserta datang ke lokasi dicek suhu tubuh, mencuci tangan dan memakai masker serta wajib menjaga jarak," pintahnya.

Sementara salah seorang pelaku UMKM, Abud Asyrofi mengaku selama ini UMKM memang kembang kempis dengan adanya pandemi Covid-19. Namun, pihaknya tetap berupaya mengembangkan usahanya apa pun kondisinya.

"Karena hidup UMKM itu kalau tidak terkendala permodalan ya terkendala pemasaran. Jadi kami terbiasa untuk hidup survive di tengah situasi dan kondisi apa pun. Makanya, pemberian sosialisasi 4 pilar kebangsaan ini penting bagi penyemangat kami sebagai anak muda Sidoarjo yang mengambangkan usaha di bidangnya masing-masing," tandasnya. Hel/Waw