Dukung Pendidikan Berkarakter dan Kompeten, Smamita Sidoarjo MoU dengan Umsida


Dukung Pendidikan Berkarakter dan  Kompeten, Smamita Sidoarjo MoU dengan Umsida MoU - Kepala Smamita Sidoarjo, Zainal Arif Fakhrudi menunjukkan hasil penandatanganan nota kesepahaman (MoU) di bidang pendidikan dengan Rektor Umsida, Dr Hidayatullah di sela acara peningkatan kompetensi siswa, Kamis (20/01/2022).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Dalam mendukung pendidikan berkarakter dan peningkatan kompetensi siswa menengah atas, Unit Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menggelar acara silaturahmi dan kerjasama di bidang pendidikan dengan SMA/SMK/MA Muhammadiyah se Jawa Timur, Kamis (20/01/2022).

Dalam acara itu, dihadiri perwakilan 23 sekolah Muhammadiyah dan 46 tenaga pendidik mulai dari Kepala Sekolah (Kasek) hingga guru di wilayah Jawa Timur. Selain itu, di sela-sela kegiatan itu juga ditandai dengan penandatangan kerjasama (MoU) di bidang pendidikan antara kedua belah pihak. Yakni masing-masing sekolah dan Umsida.

Rektor Umsida, Dr Hidayatullah berpesan agar setiap calon Kepala Sekolah harus orang-orang yang bertaqwa kepada Allah SWT. Selain itu, juga bisa berpikir kritis untuk memberi solusi terhadap masalah yang muncul saat memimpin instansi pendidikan di Muhammadiyah.

"Termasuk harus selalu berbuat yang terbaik, bagi lembaga dan persyarikatan," ujar Rektor Umsida, Hidayatullah yang juga mantan Kepala SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo (Smamda) ini kepada republikjatim.com, Kamis (20/01/2022).

Sementara Kepala SMA Muhammadiyah 1 Taman (Smamita) Sidoarjo, Zainal Arif Fakhrudi menyambut baik kegiatan yang diinisiasi Umsida itu. Menurut Arif, ke depan kerjasama yang dimulai hari ini, akan berkelanjutan. Termasuk di bidang lainnya.

"Artinya kerjasama diperluas ke bidang lainnya. Jadi, tidak hanya soal Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tegas Arif.

Selain itu, Kepala Smamita yang akrab disapa Arif ini berharap ke depan juga semakin banyak mahasiswa maupun dosen Umsida yang melaksanakan penelitian dan membuat proyek di sekolah-sekolah Muhammadiyah. Karena hal itu, bagian dari Program Pengabdian Masyarakat (Abdimas) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

"Penelitiannya bisa di bidang pendidikan, sains (keilmuan), teknologi dan lain sebagainya. Insya Allah ke depan kalau kerjasamanya diperluas baik Smamita maupun Umsida sama-sama bisa membawa dan memberi manfaat bagi warga Sidoarjo dan sekitarnya," pungkasnya. Hel/Waw