Desa Dawu Dipilih Menjadi Kampung Tangguh Semeru Tertib Lalu Lintas


Desa Dawu Dipilih Menjadi Kampung Tangguh Semeru Tertib Lalu Lintas Kabag Binops Ditlantas Polda Jatim Kompol Gathut Bowo S saat meninjau Kampung Tangguh Semeru Tertib Lalu Lintas di Desa Dawu Kecamatan Paron Ngawi. (Foto/Andik)

NGAWI (republikjatim.com) Polres Ngawi menjadikan Desa Dawu Kecamatan Paron sebagai Kampung Tangguh Semeru (KTS) Tertib Lalu Lintas. Artinya, semua elemen masyarakat yang berada di kampung tersebut selain membantu pemerintah dalam penanggulangan covid-19, juga memiliki kesadaran dan kemampuan untuk tertib berlalu lintas.

 

Wakapolres Ngawi Kompol Arie Trestiawan mengatakan, inovasi yang ada di kampung tangguh semeru tertib lalu lintas khususnya di desa Dawu menyiagakan samsat keliling serta adanya pendidikan lalu lintas terhadap masyarakat khususnya anak usia dini.

 

“Dengan pembelajaran pendidikan lewat dikmas lalu lintas melalui anak-anak di usia SD sehingga nanti suatu saat ketika sudah dewasa mereka sudah tahu dan tidak asing lagi. Intinya meminimalisasi jumlah laka lantas,” ucapnya, Kamis (17/9/2020).

 

Sementara itu Kabag Binops Ditlantas Polda Jawa Timur, Kompol Gathut Bowo Supriyono dalam sambutan menyatakan, kampung tangguh semeru tertib lalu lintas itu merupakan inisiasi Polda Jatim dalam rangka HUT ke-65 Satlantas. Kampung tangguh itu diharapkan dapat membentuk masyarakat utamanya generasi muda memiliki kesadaran tertib dan patuh terhadap peraturan lalu lintas.

 

“Di kampung tangguh ini cukup bagus untuk ketertiban masyarakat. Dalam hal penanggulangan covid-19 cukup baik, kemudian di bidang lalu lintas harapannya kita bisa mempunyai kepatuhan dan sadar dalam berlalu lintas,” terangnya.

 

Gathut mengapresiasi semua kegiatan yang ada di Kampung Tangguh Semeru Tertib Lalu Lintas di Desa Dawu. Sebab, selain ada lumbung pangan, juga arena belajar anak. Masyarakat pun juga lebih mudah mendapatkan pelayanan melalui samsat keliling dan pengetahuan edukasi tentang tertib berlalu lintas.

 

Dalam kesempatan yang sama, rasa bangga disampaikan oleh Kades Dawu Suwito. Ia menyebut atas kerja sama dengan masyarakatnya, Desa Dawu telah dipilih sebagai pilot project kegiatan Polres Ngawi. Sehingga ia menegaskan akan terus siap membantu program-progam pemerintah terutama Polres Ngawi

 

“Intinya kalau kami dipilih tentu kami siap. Bukan tentang juara atau tidak, yang lebih penting bagi saya masyarakat sadar kesehatan dan sadar lalu lintas,” pungkasnya. (And)