Depo Pasar Ikan Sidoarjo Direvitalisasi 2 Lantai Senilai Rp 2,3 Miliar, Dilengkapi Arena Kuliner dan Cold Storage


Depo Pasar Ikan Sidoarjo Direvitalisasi 2 Lantai Senilai Rp 2,3 Miliar, Dilengkapi Arena Kuliner dan Cold Storage DIREVITALISASI - Bangunan Depo Pasar Ikan yang ada di jalur Lingkar Timur Sidoarjo bakal direvitilisasi dengan nilai pekerjaan Rp 2,3 miliar, Selasa (01/12/2020).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Depo Pasar Ikan yang ada di jalur Lingkar Timur Desa Rangkahkidul, Kecamatan Sidoarjo bakal direvitalisasi. Proyek pembangunan itu, bakal menggunakan dana APBD dengan nilai Rp 2,3 miliar.

Rencana perbaikan itu, tidak hanya dilengkapi pasar ikan. Akan tetapi juga bakal dilengkapi arena kuliner ikan dan cold stoge (alat penyegar ikan). Revitalisasi itu, agar para pengunjung Depo Pasar Ikan semakin merasa nyaman dan tenang saat memasuki arena Pasar Ikan terbesar di Sidoarjo itu.

"Sekarang tahap revitalisasi Depo Pasar Ikan dalam tahap lelang jasa konsultasi perencanaan. Nanti pemenang tender bakal duduk bersama Dinas Perikanan untuk menyamakan persepsi agar Depo Pasar Ikan dibangun bisa menarik minat warga berkunjung kesana. Jangan sampai dibangun, tapi tidak ada azas manfaatnya," ujar Kepala Dinas Perikanan Pemkab Sidoarjo, Bachruni Aryawan kepada republikjatim.com, Selasa (01/12/2020).

Lebih jauh, Bachruni memaparkan soal revitalisasi ini Dinas Perikanan sudah memiliki gambaran. Rencananya, Depo Pasar Ikan yang ada di selatan Mall Pelayanan Publik (MPP) itu akan dibangun dua lantai.

"Kami memadukan konsep depo ikan dan kuliner khas ikan. Lantai satu juga akan ditambah fasilitas cold storage dan para pedagan ikan segar serta tempat lelang ikan juga akan dierbaiki," paparnya.

Sedangkan untuk lantai dua, kata Bachruni bakal diperuntukkan sebagai kantor dan arena kuliner ikan. Harapannya, pengunjung yang datang ke sana bisa beli ikan, masak, sekaligus menikmati kuliner di satu tempat.

"Kalau perlu Depo Ikan ini bisa buka atau beroperasi sampai malam hari," tegasnya.

Sementata Wakil Ketua Komisi C DPRD Sidoarjo Anang Siswandoko mengaku mendukung rencana revitalisasi Depo Pasar Ikan itu. Tujuannya untuk mengoptimalkan fasilitas yang ada di Sidoarjo. Menurutnya, dalam pembahasan Raperda Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2021, revitalisasi Depo Pasar Ikan itu mendapat alokasi anggaran cukup besar.

"Untuk nilai kepastiannya dapat dilihat setelah paripurna," tandas Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Sidoarjo ini.

Berdasarkan data Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Pemkab Sidoarjo, lelang konsultan perencanaan revitalisasi Depo Pasar Ikan memasuki tahap penandatanganan kontrak tender perencanaan senilai Rp 2,5 miliar dengan nilai penawaran Rp 2,3 miliar. Hel/Waw