Demi Swasembada Pangan, Kodim Sidoarjo Siapkan Pilot Projek Tanaman Padi Seluas 2,1 Hektar di Rejeni Krembung


Demi Swasembada Pangan, Kodim Sidoarjo Siapkan Pilot Projek Tanaman Padi Seluas 2,1 Hektar di Rejeni Krembung PENDAMPINGAN - Bintara Tinggi Teritorial Kodim 0816 Sidoarjo, Serma Sutrisno memberi pendampingan dan pemantauan tanaman padi seluas 2,1 hektar di Desa Rejeni, Kecamatan Krembung, Sidoarjo, Selasa (15/06/2021).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Bintara Tinggi Staf Teritorial Kodim 0816 Sidoarjo bekerjasama dengan petani Desa Rejeni, Kecamatan Krembung, Sidoarjo untuk membuat model (pilot) projek tanaman padi seluas 2,1 hektar. Pilot projek ini, selain sebagai wujud pembinaan ketahanan pangan Tahun 2021 juga untuk pendampingan terhadap petani dalam mencapai swasembada pangan.

"Kami sudah memantau para petani yang bakal panen padi di Kecamatan Krembung. Upaya ini untuk memastikan panen padi pada bulan Juni 2021 di berbagai wilayah Sidoarjo benar-benar aman dari berbagai serangan hama. Bahkan mampu memenuhi kebutuhan stok beras yang ada di Sidoarjo," ujar Bintara Tinggi Staf Teritorial Kodim 0816 Sidoarjo, Serma Sutrisno kepada republikjatim.com, Selasa (15/06/2021).

Sutrisno menjelaskan berbagai upaya khusus (Upsus) yang dilakukan para Babinsa di wilayah tugasnya dalam melakukan pendampingan terhadap petani diharapkan mampu meningkatkan stok berat dan ketahanan pangan secara berkelanjutan. Apalagi, dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh belahan dunia membuat kebutuhan pangan semakin meningkat.

"Makanya, kami mendampingi petani dengan membuat model atau pilot projek tanaman padi seluas 2,1 hektar di Desa Rejeni ini. Kemungkinan bakal panen dalam minggu-minggu ini," imbuhnya.

Sutrisno mengungkapkan tujuan pembinaan ketahanan pangan yang dilakukan Kodim 0816 Sidoarjo yakni untuk membantu program pemerintah meningkatkan pencapaian hak atas pangan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, meningkatkan ketahanan pangan nasional dan daerah, meningkatkan kesejahteraan petani dan meningkatkan Kemanunggalan TNI dengan rakyat.

"Sekaligus meningkatkan perekonomian agar tersedianya logistik wilayah sesuai dengan kearifan lokal demi kepentingan pertahanan negara," tegasnya.

Sementara selain tanaman padi, Kodim 0816 Sidoarjo juga membudidayakan tanaman pangan lainnya. Diantaranya tanaman sayur mayur dengan mengunakan metode hidroponik dan tanaman sayur-mayur dalam polibag.

"Upaya ini untuk memberi gambaran di tengah pandemi Covid-19 masyarakat harus mampu mengoptimalkan lahan yang dimilikinya untuk ketahanan pangan secara mandiri," pungkasnya. Hel/Waw