Demi Sejahterakan Petani, Bupati Dan Wabup Ponorogo Resmikan Koperasi Produsen Porang


Demi Sejahterakan Petani, Bupati Dan Wabup Ponorogo Resmikan Koperasi Produsen Porang RESMIKAN - Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko dan Lisdyarita meresmikan Koperasi Produsen Porang Indonesia Jaya Desa Bekare, Kecamatan Bungkal, Ponorogo, Rabu (09/06/2021).

Ponorogo (republikjatim.com) - Bisnis dan budidaya tanaman Porang semakin digemari masyarakat. Apalagi, hasilnya cukup menggiurkan bagi pengembangan perekonomian di tingkat masyarakat pedesaan.

Semakin berkembang pesatnya bisnis dan budidaya Porang ini, membuat para petani porang di Ponorogo membentuk wadah berupa koperasi bagi para petani porang. Koperasi ini diberi nama Koperasi Produsen Porang Indonesia Jaya di Dusun Kepandean, Desa Bekare, Kecamatan Bungkal, Ponorogo. Peresmian koperasi ini diresmikan Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko dan Lisdyarita, Rabu (09/06/2021).

Ketua Asosiasi Petani dan Produsen Porang Indonesia sekaligus Ketua Koperasi Produsen Porang Indonesia Jaya, Slamet Riyadi mengatakan pendirian koperasi ini sebagai wadah ratusan petani porang di Ponorogo. Bahkan menjadi wadah dalam pengembangan bidang perekonomian di tingkat pedesaan.

"Koperasi ini mengutamakan kebersamaan dan gotong-royong. Sampai saat ini jumlah anggota petani porang yang tergabung dalam koperasi ini sudah mencapai 500 orang. Ke depan diharapkan jumlahnya akan terus bertambah dan berkembang," katanya.

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko berharap dengan berdirinya koperasi yang diresmikan ini mampu menjadi sarana kesejahteraan masyarakat pedesaan.

"Pemkab Ponorogo bakal mendukung koperasi ini. Semoga ke depan semakin maju dan berkembang serta menjadi sarana untuk mensejahterakan masyarakat pedesaan dan komoditi porang menjadi terobosan untuk perbaikan perekonomian warga," pintahnya.

Peresmian ditandai Bupati Ponorogo memukul kendang dan gong tanda diresmikannya koperasi ini. Acara dihadiri Forpimcam Bungkal, para Kades se Kecamatan Bungkal dan Kecamatan Ngrayun serta para petani porang. Mal/Waw