Bunda Rita Pukul Gong dan Potong Tumpeng Tandai Launching Kampung Pancasila di Ponorogo


Bunda Rita Pukul Gong dan Potong Tumpeng Tandai Launching Kampung Pancasila di Ponorogo PUKUL GONG - Wabup Ponorogo Lisdyarita saat memotong tumpeng dan Pukul Gong tanda Launching Kampung Pancasila di Desa Nongkodono, Kecamatan Kauman, Ponorogo, Jumat (18/03/2022).

Ponorogo (republikjatim.com) - Bersamaan hari Jumat Pon, Forkopimda Ponorogo menghadiri acara di Balai Desa Nongkodono, Kecamatan Kauman, Ponorogo. Kegiatan itu, dalam rangka Launching Kampung Pancasila wilayah Kodim 0802 Ponorogo Tahun 2022 dengan tema Brawijaya Merajut Keragaman Dengan Pancasila, Jumat (18/03/2022).

Dalam kegiatan itu dihadiri Wakil Bupati Ponorogo, Lisdyarita, Dandim 0802/Ponorogo Letkol Inf Muhammad Radhi Rusin, Kapolres Ponorogo AKBP Catur C Wibowo, Kajari yang diwakili Kasi Intel Afandi serta Camat, Danramil dan Kapolsek se PB 5 Sumoroto. Dalam Launching Kampung Pancasila ini Kades Nongkodono Jemadi mengatakan ucapan selamat datang kepada para tamu serta undangan yang hadir.

"Atas nama Pemerintah Desa Nongkodono mengucapkan terima kasih karena desanya dipilih sebagai wakil Kampung Pancasila dan akan melaksanakan butir-butir Pancasila," ujarnya.

Dandim 0802 Ponorogo Letkol Inf Muhammad Radhi Rusin menjelaskan Kampung Pancasila merupakan program KASAD yang harus dilaksanakan. Kampung Pancasila merupakan bagian Ruh Bangsa NKRI yang harus digaungkan kembali di seluruh desa di wilayah Ponorogo.

"Berkat Pancasila Indonesia dapat bersatu menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia dari berbagai agama, suku dan bahasa," jelas Dandim Ponorogo.

Hal senada disampaikan Kapolres Ponorogo AKBP Catur makna pancasila sebagai pandangan hidup dalam sebuah negara tentu harus dipahami seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Bukan tanpa alasan, Pancasila menjadi satu-satunya landasan paling utama bagi bangsa Indonesia untuk menjalankan kehidupan bernegara.

"Dengan dibentuknya Kampung Pancasila oleh Kodim 0802 di Desa Nongkodono ini akan menjadi contoh bagi desa lain untuk selalu memegang teguh nilai-nilai dan makna Pancasila yang terkandung didalamnya," tegas Catur.

Sementara dengan bangga Wakil Bupati Ponorogo, Lisdyarita merasa sangat bersyukur digaungkan kembali Kampung Pancasila menuju Ponorogo Hebat. Menurutnya, Pancasila tidak boleh luntur di lingkungan wilayah Ponorogo. Karena sebagai pemersatu semuanya.

"Kami mengajak masyarakat untuk melaksanakan Pancasila dimulai dari kita sendiri khususnya para generasi muda. Pancasila ini jangan sampai pudar. Karena merupakan jati diri kita sebagai bangsa Indonesia," ungkap Wabup yang akrab disapa Bunda Rita ini.

Sebelum acara berakhir, dilanjutkan dengan pemukulan Gong Launcing Kampung Pancasila serta pemotongan Tumpeng oleh Wakil Bupati Ponorogo diserahkan kepada Kades Nongkodono. Mal/Waw