Buka Rakerda Tim Pembina UKS, Bupati Sidoarjo Minta Sinergikan Pentingnya Gaya Hidup Sehat


Buka Rakerda Tim Pembina UKS, Bupati Sidoarjo Minta Sinergikan Pentingnya Gaya Hidup Sehat UKS - Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali saat menghadiri Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Tim Pembina Unit Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) Kabupaten Sidoarjo di Hotel Arayanna, Trawas, Mojokerto, Kamis (09/06/2022).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Pentingnya gaya hidup sehat disampaikan Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali saat menghadiri Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Tim Pembina Unit Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) Kabupaten Sidoarjo di Hotel Arayanna Trawas, Mojokerto, Kamis (09/06/2022). Menurutnya, pandemi Covid-19 kemarin menjadi pelajaran menjaga gaya hidup sehat hal penting untuk bisa survive.

"Saat menghadapi pandemi Covid-19 kemarin sudah jelas sekali, gaya hidup sehat menjadi kunci untuk bisa survive," ujar Bupati muda yang akrab disapa Gus Muhdlor ini.

Selain itu, Gus Muhdlor menilai UKS/M memiliki peran penting di era seperti sekarang ini. Potensi yang besar untuk menjaga tumbuh kembang anak bangsa dan masa depan bangsa ada pada UKS/M. Melalui program-programnya akan mengajarkan masyarakat dan anak didik tentang gaya hidup sehat.

"UKS/M punya potensi yang sangat besar. Karena potensi ini berkaitan dengan tumbuh kembang anak bangsa dan masa depan bangsa itu sendiri," imbuhnya.

Gus Muhdlor menjelaskan penguatan edukasi kesehatan penting. Karena itu, edukasi kesehatan harus selalu disampaikan. Dengan begitu penerapan gaya hidup sehat benar-benar dilakukan masyarakat.

"Jadi penguatan ini adalah penguatan terbaik. Selain untuk mengajarkan kepada masyarakat, juga kepada anak didik tentang gaya hidup sehat plus preventif terhadap calon wabah di Indonesia," tegasnya.

Sementara Gus Muhdlor menyampaikan sinergi mencapai pembangunan kesehatan adalah hal yang utama. Sinergi dengan semua pihak harus digerakkan. Mulai dari tingkat pusat sampai daerah bahkan sampai tingkat desa harus ada.

"Kalau di atas sudah ada sinergi, maka haram hukumnya kalau di tingkat kabupaten tidak ada sinergi. Nah, sinergi ini harus tetap ada. Jadi sinergitas ini harus ditata dan komunikasi harus tetap jalan karena tujuannya gaya hidup sehat," tandasnya. Hel/Waw