Berharap Perempuan Berwawasan Kebangsaan, Ina Sosialisasi Empat Pilar Kepada Pelaku UMKM di Ponorogo


Berharap Perempuan Berwawasan Kebangsaan, Ina Sosialisasi Empat Pilar Kepada Pelaku UMKM di Ponorogo SOSIALISASI - Anggota Komisi VIII DPR RI Fraksi PDIP, Ina Ammania didampingi Wabup Ponorogo Lisdyarita sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di depan sekitar 30 pelaku UMKM Ponorogo di Aula RM Ecco Kitchen JL Batoro Katong, Ponorogo, Minggu (23/05/2021).

Ponorogo (republikjatim.com) - Anggota Komisi VIII DPR RI yang berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) JatimVII Jatim, Ina Ammania menggelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika). Acara yang digelar anggota Fraksi PDIP DPR RI ini bertempat di Aula Rumah Makan Ecco Kitchen JL Batoro Katong, Ponorogo, Minggu (23/09/2021).

Ina Ammania mengatakan kaum perempuan (ibu-ibu) merupakan ujung tombak pembentuk generasi penerus bangsa. Karena di tangan kaum ibu, anak-anak paling dekat dalam berkomunikasi awal sebelum terjun ke lingkungan. Perwujudan nilai-nilai Pancasila yaitu kaum ibu mampu menjalin toleransi dan menjadi perekat persatuan dalam keberagaman kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Dalam silaturahmi ini kami sekaligus memberi semangat selama situasi pandemi Covid-19 agar kaum perempuan terus mengabdi untuk masyarakat. Meski dalam keadaan kekurangan dan banyak halangan tetap harus dihadapi," ujarnya.

Lebih jauh Ina menjelaskan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan ini hanya diikuti kaum perempuan. Tujuannya untuk menggali nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sekaligus agar dapat dipahami secara utuh, menyeluruh dan berkelanjutan. Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi dasar mewujudkan visi dan misi Indonesia ke depan lebih maju dan bermartabat.

"Memang sosialisasikan empat pilar ini khusus untuk perempuan dan pedagang kecil. Agar mereka berdagang dengan berusaha memajukan perekonomian keluarga tidak lepas dari nilai-nilai pancasila. Yaitu mendidik anak, bersuami dan kepada tetangga kanan dan kiri agar terjalin keharmonisan sesuai kaidah-kaidah Pancasila, " tegas anggota Fraksi PDIP DPR RI Dapil Jatim VII ini.

Bagi Ina sebanyak 30 peserta yang hadir, baik dari para pedagang kelontong, jajanan dan kue harus menjiwai pancasila. Misalnya menjual makanan sehat maka yang dikonsumsi juga sehat.

"Kami memberi pelajaran empat pilar ini agar sebagai ibu rumah tangga sebagai ibu dari anak - anak dan teman dari suami dapat berkualitas dalam mendidik anak-anaknya. Termasuk memberi wawasan bernegara membela bangsa dan bernegara yang bermartabat," pintahnya.

Sementara Wakil Bupati Ponorogo, Lisdyarita yang juga kader PDIP ini menilai sosialisasi Empat Pilar bakal mampu melahirkan perempuan mandiri serta UMKM hebat. Hal itu sudah menjadi keinginan Pemkab Ponorogo untuk membangkitkan UMKM Ponorogo yang hebat dan berwawasan kebangsaan serta dijiwai Pancasila.

"Bu Ina Ammania memberikan bantuan untuk para pedagang kecil yang hadir maupun pelaku UMKM yang memberi cinderamata lukisan batik Ecco," pungkasnya. Mal/Waw