Berburu, Kapolres Ponorogo Amankan Belasan Balon Udara Raksasa Dilengkapi Ratusan Petasan


Berburu, Kapolres Ponorogo Amankan Belasan Balon Udara Raksasa Dilengkapi Ratusan Petasan SITA - Kapolres Ponorogo, AKBP Mochamad Nur Azis merazia balon dan berhasil mendapatkan belasan balon udara tanpa awak serta ratusan petasan yang siap diledakkan bersama balon udaranya, Sabtu (15/05/2021).

Ponorogo (republikjatim.com) - Kapolres Ponorogo, AKBP Mochamad Nur Azis memerintahkan anggotanya untuk memaksimalkan razia balon udara tanpa awak dilengkapi petasan di 21 kecamatan yang ada di Ponorogo, Sabtu (15/05/2021). Razia petasan ini dalam rangka memelihar keamanan dan ketertiban masyarakat selama libur Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah.

Dalam razia kali ini, Kapolres Ponorogo tidak mau kecolongan. Apel kesiapan pun dilaksanakan pukul 04.30 WIB. Selain itu, razia dipimpin langsung oleh Kapolres Ponorogo AKBP Mochamad Nur Azis diikuti 130 personel Polres dan 175 personel 21 polsek jajaran.

"Razia balon dan petasan kali ini kami targetkan merasa di 21 kecamatan. Razia ini diharapkan terus menerus dan maksimal sampai beberapa hari ke depan. Tujuannya, pemeliharaan keamanan, ketertiban dan kondusif di wilayah Ponorogo," ujarnya.

Azis menjelaskan, razia balon udara tanpa awak dan petasan ini karena dampak negatif dari menerbangkan balon tanpa awak dan petasan bisa membahayakan diri sendiri dan masyarakat umum. Bahkan bisa mengganggu penerbangan pesawat terbang.

"Termasuk, menimbulkan kebakaran dan memutus jaringan listrik kalau balon dan petasan terbang dan mendarat. Perbuatan itu melanggar Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan dengan ancaman hukuman pidana 2 tahun penjara dan denda Rp 200 juta," tegasnya.

Kapolres Ponorogo berharap kesadaran seluruh warga Ponorogo. Khususnya, agar tidak menerbangkan balon tanpa awak dan petasan. Pihaknya berharap himbauan itu disampaikan ke saudara dan tetangganya. Bahkan, jika mengetahui warga yang hendak menerbangkan balon udara agar mengurungkan niatnya atau dilaporkan ke polsek terdekat.

"Kami menghimbau kepada semua pihak kalau ada yang melihat di lingkungannya yang hendak menerbangkan balon udara atau meledakan petasan agar segera dilaporkan polisi. Apalagi, dalam razia balon udara kali ini Polres Ponorogo berhasil mengamankan 11 unit balon udara, 610 petasan kecil dan 22 petasan ukuran besar," tandasnya. Mal/Waw