Arus Balik Lebaran, Sopir dan Kondektur Bus Dites Urine di Terminal Bungurasih


Arus Balik Lebaran, Sopir dan Kondektur  Bus Dites Urine di Terminal Bungurasih TES URINE - Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro cek tim Satuan Resnarkoba Polresta Sidoarjo dan Biddokkes Polda Jatim yang menggelar tes urine sopir dan kondektur bus di Pos Terpadu Terminal Purabaya, Bungurasih, Waru, Sabtu (07/05/2022).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Semakin ramainya situasi arus balik Idul Fitri 1443 Hijriyah mendorong petugas Satuan Resnarkoba Polresta Sidoarjo bersama Biddokkes Polda Jatim melaksanakan tes urine sopir dan kondektur bus di Posko Terpadu Terminal Purabaya, Desa Bungurasih, Kecamatan Waru, Sidoarjo, Sabtu (07/05/2022).

Tes urine ini di Terminal Bungurasih ini dilakukan secara acak sampai 8 Mei 2022 besok. Kesempatan pertama hari ini, hasil tes urine tidak ada sopir maupun kru bus yang positif mengonsumsi narkoba atau obat-obatan terlarang lainnya.

Kegiatan tes urine dicek langsung Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro. Tujuannya, mewujudkan keselamatan lalu lintas dan memberikan rasa aman serta nyaman bagi masyarakat, khususnya penumpang bus dalam perjalanan arus balik Lebaran Tahun 2022.

"Tes urine secara acak ini dilakukan dalam dua hari terakhir. Ini untuk memastikan sopir dan kru bus yang melayani perjalanan mudik warga dalam kondisi sehat dan tidak terindikasi mengkonsumsi atau menggunakan narkoba," ujar Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro kepada republikjatim.com, Sabtu (07/05/2022).

Kusumo menjelaskan jika dalam pelaksanaan tes urine terdapat kru bus yang positif mengkonsumsi narkoba bakal dikoordinasikan dengan pihak PO bus agar yang bersangkutan tidak melanjutkan perjalanan.

"Kemungkinan sopir dan kru bus yang positif narkoba akan diperiksa lebih lanjut oleh Satuan Resnarkoba Polresta Sidoarjo," tegasnya.

Sementara selain memberikan rasa aman dan nyaman bagi penumpang bus pada arus balik, Kapolresta Sidoarjo juga menghimbau pengemudi bus dan kru bus untuk hati-hati selama perjalanan.

"Termasuk tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker," tandasnya. Hel/Waw