Antisipasi Penyebaran PMK, Kapolresta Sidoarjo Cek Kesehatan Sapi di RPH Krian Sebelum Dipotong


Antisipasi Penyebaran PMK, Kapolresta Sidoarjo Cek Kesehatan Sapi di RPH Krian Sebelum Dipotong CEK - Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro mengecek sapi yang hendak dipotong di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Krian, Sidoarjo sebagai mengantisipasi wabah Penyakit Mulut Dan Kuku (PMK) pada sapi, Selasa (10/05/2022) malam.

Sidoarjo (republikjatim.com) - Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro mengecek kesehatan sapi di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Krian, Sidoarjo, Selasa (10/05/2022) malam. Langkah ini sebagai antisipasi wabah Penyakit Mulut Dan Kuku (PMK) yang mulai merebak di sejumlah kota di Jawa Timur.

Kapolresta Sidoarjo mengecek kesehatan hewan sebelum dipotong didampingi dokter Dinas Pertanian Pemkab Sidoarjo. Upaya ini untuk memastikan sapi maupun hewan yang dipotong dalam kondisi sehat dan tidak terjangkit PMK.

"Setelah kami melaksanakan pengecekan kesehatan hewan, semua sapi yang berada di RPH Krian dipastikan kondisinya sehat dan siap dipotong," ujar Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro kepada republikjatim.com, Selasa (10/05/2022) malam.

Sejumlah langkah Polresta Sidoarjo beserta jajarannya juga akan melaksanakan penyekatan terhadap pengiriman sapi ke Sidoarjo dari daerah lainnya.

"Upaya ini untuk mencegah penyebaran PMK di luar daerah Sidoarjo," tegasnya.

Selain itu, TNI-Polri dan Dinas Pertanian Pemkab Sidoarjo beserta instansi terkait bersama-sama menggelar pengawasan. Termasuk berupaya melaksanakan penyembuhan hewan yang sedang sakit.

"Serta memberi pengarahan dan penyuluhan kepada peternak jika PMK ini bisa diredakan gejalanya yang timbul dengan pengobatan pada hewan," tandasnya. Hel/Waw