Abdimas Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Gembleng UMKM Intako Soal Laporan Keuangan dan Pemasaran Online


Abdimas Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Gembleng UMKM Intako Soal Laporan Keuangan dan Pemasaran Online PELATIHAN - Tim Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wijaya Kusuma Surabaya memberi pelatihan pelaku UMKM Intako Tanggulangin, Sidoarjo soal laporan keuangan dan pemasaran digital (online) di program Pengabdian Masyarakat (Abdimas), Sabtu (19/12/2020).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Tim Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Ekbis) Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) menggelar acara pengabdian masyarakat (Abdimas), Sabtu (19/12/2020). Kali ini, sasaran tim Abdinas Fakultas Ekbis UWKS adalah para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) anggota Koperasi Industri Tas dan Koper (Intako) Tanggulangin, Sidoarjo.

Dalam acara dengan tema Pembinaan dan Pendampingan Berkelanjutan Penyusunan dan Analisis Laporan Keuangan UMKM serta Pelatihan Keberlanjutan Digital Marketing kepada UMKM anggota Koperasi Intako. Targetnya selain memperperbaiki laporan keuangan para pelaku UMKM juga memberikan edukasi soal pemasaran secara online (digital).

"Kegiatan ini dilakukan secara multi years (tahun jamak). Ini sudah berjalan selama 3 tahun berturut-turut sejak 2018 lalu. Tujuan kami ikut membantu para pelaku UMKM dalam penyusunan laporan keuangan secara baik sesuai standar yang dapat dipergunakan untuk kepentingan pajak dan kepentingan lainya," ujar anggota Abdimas Fakultas Ekbis UWKS, Eva Wany kepada republikjatim.com, Sabtu (19/12/2020) seusai acara pendampingan dan pelatihan.

Selain itu, lanjut Eva untuk pelatihan digital marketing (pemasaran online) untuk membantu para pelaku UMKM dalam memasarkan produknya secara online. Khususnya di masa pandemi Covid -19 ini.

"Karena penjualan produk Intako secara offline menurun secara signifikan sejak pandemi Covid-19, kami bergarap dengan pelatihan pemasaran online dapat membantu para pelaku UMKM untuk menjual produknya secara Online. Agar siklus hidup usah para pelaku UMKM tas dan koper itu tetap berjalan dan berkesinambungan di tengah pandemi," tegas dosen sekaligus Kepala Urusan Internasional UWKS ini.

Hal senada disampaikan Ketua Kegiatan Ni Ketut Yulia Agustina. Menurutnya dalam kegiatan Abdimas ini, pihaknya tidak hanya mengajak para dosen saja, tetapi juga melibatkan para mahasiswanya.

"Agar para mahasiswa kami bisa langsung mempraktekkan ilmu yang mereka dapat di bangku kuliah. Sekaligus agar ilmu itu dapat diaplilasikan secara langsung kepada para pelaku UMKM di Tanggulangin itu," tandasnya.

Sementara materi pelatihan selama sehari itu disampaikan Agus Sumanto bersama tim Abdimas Fakuktas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wijaya Surabaya. Hel/Waw