Abdimas Umsida Serahkan Seperangkat Digitalisasi Mini Library untuk PRM Suko Sidoarjo


Abdimas Umsida Serahkan Seperangkat Digitalisasi Mini Library untuk PRM Suko Sidoarjo SERAHKAN - Ketua Pelaksana Kegiatan Abdimas Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), Ribangun Bamban Jakaria menyerahkan Mini Library untuk Program Riset Muhammadiyah ke PRM Suko, Kecamatan Sidoarjo, Rabu (29/12/2021).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Tim Pengabdian Masyarakat (Abdimas) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menyerahkan perangakat Laptop berikut sistem mini library (perpustakaan mini). Penyerahan dilaksanakan Ketua Pelaksana Kegiatan Abdimas Umsida, Ribangun Bamban Jakaria di kediaman Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Suko, Kecamatan Sidoarjo, Rabu (29/12/2021).

Penyerahan di rumah Ketua PRM Suko itu, sekaligus menjadi tempat mini library. Penyerahan itu, dalam rangka program Riset Muhammadiyah.

"Pemberian bantuan laptop berikut sistem informasi mini library ini semata-mata untuk membangkitkan kembali semangat siar yang dimiliki oleh PRM Desa Suko, Kecamatan Sidoarjo. Upaya ini melalui majelis yang terkait dengan tujuan mengembalikan fungsi mini library sebagai tempat dakwah yang efektif," ujar Ketua Pelaksana Abdimas Umsida, Ribangun Bamban Jakaria kepada republikjatim.com, Kamis (30/12/2021).

Ribangun berharap, bantuan itu diharapkan bisa diterima. Terutama bantuan seperangkat laptop berikut software sistem informasi mini library. Apalagi, bantuan ini untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses mini library yang dimiliki PRM Desa Suko, Kecamatan Sidoarjo.

"Kami berharap masyarakat mampu memanfaatkan sarana ini sebagai rujukan dalam mencari refrensi keilmuan terutama soal ilmu agama," pintah Ribangun.

Ketua PRM Desa Suko, Hendra Sedijalaksana mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan. Pihaknya berharap bantuan itu akan menjadi sepirit (semangat) perbaikan.

"Karena dengan kelengkapan mini library ini juga untuk mejadikan semua kegiatan lebih baik ke depannya," tegasnya.

Sementara kegiatan pengabdian yang dilaksanakan Umsida ini melalui skema hibah pengabdian masyarakat Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian Dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Selanjutnya, pelaksanaan kegiatan dilanjutkan hingga April 2021 melalui program pelatihan dan pendampingan pengelolaan Taman Baca. Hel/Waw