YDBA Serahkan Bantuan Mobil Praktik Bengkel Bagi HBBA Jatim


YDBA Serahkan Bantuan Mobil Praktik Bengkel Bagi HBBA Jatim SERAHKAN - Penyerahan kendaraan praktek bengkel dan sharing perjalanan komunitas YDBA sekaligus seminar virtual, Rabu (26/08/2020).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Sebagai apresiasi progres baik yang ditunjukkan Himpunan Bengkel Binaan YDBA (HBBA) Jawa Timur (Jatim) terhadap program pembinaan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA). Karena itu, YDBA melalui Semangat Berbagi Wujudkan Harapan, menyerahkan 1 unit mobil praktik bengkel sesuai dengan kebutuhan HBBA Jatim, Rabu (26/08/2020).

Penyerahan secara simbolis diberikan YDBA diwakili Kepala Departemen Training & Mentoring YDBA, Aloysius Daniel Harbianto kepada Ketua HBBA Jatim, Suyono disaksikan oleh Pembina HBBA Jatim Pinuji, Bendahara HBBA Jatim Suprapto dan Fasilitator Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) YDBA di Waru Azzuhri Tri Ahara di salah satu Bengkel Anggota HBBA Jatim, Bengkel Mardiono Auto Service.

Hadir secara virtual dalam penyerahan ini, yaitu Ketua Pengurus YDBA Sigit P Kumala, Sekretaris Pengurus YDBA Ida RM Sigalingging dan Bendahara Pengurus YDBA Handoko Pranoto. Sesuai dengan sambutan yang disampaikan Ketua Pengurus YDBA, apresiasi kendaraan praktik bengkel dari YDBA melalui Semangat Berbagi Wujudkan Harapan ini diharapkan dapat mengoptimalkan UMKM Bengkel dalam meningkatkan kompetensinya.

"Dari semangat berbagi ini, UMKM dapat terus memperbarui dan meningkatkan kompetensi yang dimiliki dan mendukung UMKM menjadi mandiri, naik kelas hingga go global," ujar Ketua Pengurus YDBA, Sigit P Kumala kepada republikjatim.com, Rabu (26/08/2020).

Sigit menjelaskan dalam kegiatan ini, tim HBBA Jatim yang diwakili Pinuji berkesempatan sharing mengenai Perjalanan HBBA menjadi Komunitas yang Mandiri. Melalui sharing-nya, Pinuji bercerita mengenai awal mula komunitas didirikan. Program apa saja yang diikuti dan manfaat yang didapat setelah bergabung menjadi bagian dari HBBA Jatim.

"HBBA merupakan komunitas UMKM bengkel yang didirikan YDBA sejak Tahun 2006. Saat ini, komunitas yang dibentuk untuk memandirikan UMKM bengkel ini ada di beberapa area. Salah satunya di Jatim yang didirikan YDBA bersama Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) YDBA di Waru, Sidoarjo 13 Februari 2014 lalu. Saat ini, HBBA Jatim sendiri memiliki anggota sebanyak 123 bengkel yang berada di wilayah Jawa Timur dan Bali," imbuhnya.

Menurutnya, berbagai program pembinaan YDBA diikuti anggota dari komunitas ini. Seperti Pelatihan dan Pendampingan 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin), Standar Pelayanan Bengkel, Service Advisor dan program lainnya terkait fasilitasi pemasaran maupun fasilitasi pembiayaan. Progres yang baik ditunjukkan HBBA Jatim, baik dari segi networking maupun kompetensi SDM di bengkel.

"Misalnya meningkatnya pelayanan bengkel kepada pelanggan, meningkatnya kemampuan dalam menentukan biaya jasa maupun dipercayanya menjadi guru otomotif maupun tim penguji di SMK Otomotif," tegasnya.

Diketahui, hingga Desember 2019, YDBA memberikan pembinaan kepada 11.332 UMKM. Sebanyak 899 merupakan UMKM di bidang Manufaktur, 1.914 di bidang Bengkel Roda 2 dan Roda 4, 3.134 di bidang Kerajinan, 1.130 di bidang pertanian dan sekitar 4.000an UMKM binaan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) diserahkan ke stakeholder (partner) dalam program pembinaan. YDBA secara tidak langsung menciptakan 69.860 lapangan pekerjaan melalui UMKM yang difasilitasinya. Hel/Waw