Truk Tabrak Tronton di Tol Sidoarjo - Porong, Sopir Asal Madura Tewas Terjepit


Truk Tabrak Tronton di Tol Sidoarjo - Porong, Sopir Asal Madura Tewas Terjepit EVAKUASI - Sejumlah petugas mengevakuasi jenazah sopir truk, Sugiyanto (41) warga Desa Kertasada, Kecamatan Kalianget, Sumenep, Madura di JL Raya Tol Sidoarjo - Porong, Desa Sepande, Kecamatan Candi, Sidoarjo, Senin (26/10/2020).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Kecelakaan maut terjadi di JL Tol Sidoarjo - Porong. Dalam kecelakaan di tol tepatnya di Desa Sepande, Kecamatan Candi, Sidoarjo atau KM 758.400 ini menyebabkan sopir truk tewas di lokasi kejadian.

Hal ini, lantaran tubuh korban terjepit bodi depan truk yang ringsek itu. Korban tewas itu adalah Sugiyanto (41) warga Desa Kertasada, Kecamatan Kalianget, Sumenep, Madura. Sopir truk warna kuning bernopol M 9035 UV ini tewas di lokasi kejadian setelah truk menabrak bodi belakang truk tronton warna merah bernopol L 8125 AA yang dikemudikan Toartono (67) warga Ngagelrejo Utara, Kecamatan Ngagelrejo, Surabaya.

"Sopir truk asal Madura itu tewas di lokasi kejadian dalam kececelakaan itu," ujar Kanit Laka, Satuan Lantas, Polresta Sidoarjo, AKP Sugeng Sulistyono kepada republikjatim.com, Senin (26/10/2020).

Sugeng menceritakan, awalnya kecelakaan bermula truk dan truk tronton itu berjalan dari utara (Sidoarjo) menuju selatan (Porong) dengan kecepatan sedang. Saat arus lalin ramai lancar, tepat di KM 758.400/A truk berjalan di lajur kiri, tiba-tiba truk tronton di depannya pindah lanjur kiri menuju lajur kanan.

"Kemudian truk dari belakang diduga kurang antisipasi hingga menabrak bagian belangkan pojok kanan truk tronton (kontainer) itu hingga bodi depannya ringsek," imbuhnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan saksi dan olah TKP, kata Sugeng kecelakaan diduga karena truk tronton pindah lanjur mendadak. Selain itu, truk korban yang ada di belakangnya kurang mengantisipasinya perpindahan lajur itu.

"Perkiraan kerugian materialnya Rp 10 juta. Karena bodi depan truk hancur dan remuk itu," tegasnya.

Sementara petugas yang datang ke TKP, kata Sugeng bersama petugas pengelola tol (Jasa Marga) mengamankan arus lalu lintas di TKP. Selain itu, menggelar olah TKP, mendokumentasi TKP dan melaksanakan pengaturan lalu lintas agar tidak terjadi penumpukan arus kendaraan.

"Korban meninggal dievakusi dan dibawa ke RSUD Sidoarjo. Sedangkan truk yang terlibat kecelakaan dibawa ke pool derek satelit dan menerima penyerahan kasus laka lantas dari PJR Tol Jatim II," tandasnya. Yan/Hel/Waw