Spesialis Pembobol Agen Sembako di Pasar Ngaban Diringkus Karena Jebakan


Spesialis Pembobol Agen Sembako di Pasar Ngaban Diringkus Karena Jebakan DIRINGKUS - Pelaku kasus pembobolan agen sembako milik Mas'al di Pasar Ngaban, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo, AR diringkus Satuan Reskrim, Polresta Sidoarjo, Jumat (26/06/2020).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Tim Unit Pidana Umum (Pidum), Satuan Reskrim, Polresta Sidoarjo menangkap AR warga Desa Ngaban, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo. AR dituding sebagai pelaku yang kerap membobol sejumlah toko dan agen yang ada di dalam Pasar Ngaban.

Penangkapan AR ini membuat lega para pedagang pasar tradisional itu. Apalagi, mereka yang barang dagangannya sering hilang sebelum aksi penangkapan AR itu.

"Pelaku (AR) terakhir membobol agen sembako milik Mas'al itu," ujar salah seorang pedagang Pasar Ngaban, Ny Arjo kepada republikjatim.com, Jumat (26/06/2020).

Lebih jauh, Ny Arjo menceritakan pelaku ditangkap polisi pada malam hari. Saat ditangkap kedua tangan pelaku diborgol dan dikawal sejumlah polisi yang mengenakan pakaian preman.

"Selain membawa pelaku, polisi juga membawa sejumlah barang bukti sembako yang di curi dari Toko Mas'al. Diantaranya gula, mie instan, sabun cuci, sabun mandi, kopi, madu dan lain-lain. Perkiraan barang-barang yang dicuri itu bernilai Rp 5 jutaan. Pelaku memasukkan semua barang curian itu ke dalam karung," imbuhnya.

Ny Arjo menjelaskan jika penangkapan pelaku sudah lama direncanakan para pedagang Pasar Ngaban. Hal itu karena para pedagang sering mengeluh barang dagangannya kerapkali hilang. Kejadian terakhir ada salah satu pedagang yang mengaku kehilangan rokok bernilai jutaan rupiah.

"Yang menjadi sasaran pencurian tidak hanya sembako, barang dagangan sayur dan buah juga dicuri. Diantaranya pisang dan timun satu karung juga pernah hilang," tegasnya.

Menurut Ny Arjo selama ini pelaku menjalankan aksinya pada malam hari. Yakni mulai sekitar pukul 20.00 WIB, saat sebagian pedagang sudah menutup toko miliknya. 

"Sebelum membobol toko milik Mas'al, pelaku terlebih dahulu merusak pintu blok. Setelah itu merusak pintu toko yang terbuat dari kayu. Saat pelaku menguras isi toko, warga dan polisi menangkapnya," paparnya.

Sementara Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo AKP Ambuka Yudha Hardi Putra membenarkan jika tim Unit Pidum Satuan Reskrim Polresta Sidoarjo sudah mengamankan pelaku pembobol agen sembako berinisial AR itu.

"Iya, memang pelaku sudah kami amankan. Hasil pemeriksaan, pelaku ini beraksi sendirian," tandasnya. K2/Yan/Waw