Rumah Warga Jabon Ludes Terbakar, Diduga Dipicu Cucu Main Korek Api


Rumah Warga Jabon Ludes Terbakar, Diduga Dipicu Cucu Main Korek Api TERBAKAR - Rumah milik Sumai'yah (50) warga Desa Dukuhsari, Kecamatan Jabon, Sidoarjo ludes terbakar diduga karena anak-anak bermain korek api di kamar, Jumat (15/02/2019).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Rumah milik Sumai'yah (50) warga Desa Dukuhsari, Kecamatan Jabon, Sidoarjo ludes terbakar Jumat (15/02/2019). Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 13.00 WIB ini diketahui cucu Sumai'yah, yakni Adit (4) dan Riski (8) yang tak lain putra pasutri Mira (30) dan Joko (33).

Diduga kebakaran ini disebabkan cucu pemilik rumah bermain korek api di dalam kamar berdekatan kasur terbuat dari busa springbed. Naas ketika menyulutkan korek api, langsung menyambar kasur busa springbed. Api semakin membesar dan merembet ke diding serta ke atap plafon. Apalagi, saat itu kondisi kipas angin sedang menyalah.

Merasa ketakutan kedua anak itu, beserta Sumai'yah keluar rumah dan berteriak meminta tolong warga sekitar. Mendengar teriakan minta tolong rumah terbakar, warga yang tidak jauh dari lokasi berhamburan dan berlarian berusaha untuk memadamkan api menggunakan alat seadanya.

"Api itu cukup besar dan menjalar membakar atap rumah. Warga sudah bergotong-gotong berusaha memadamkan api dengan air selang dari mesin pompa air. Sebagian menjebol atap rumah dan menyiram dengan ember dan timba. Warga khawatir api merembet ke bangunan rumah milik warga lainnya," terang Misari (47) tetangga korban kepada republikjatim.com, Jumat (15/02/2019).

Sementara itu, Kapolsek Jabon, AKP Saadun yang datang ke lokasi kejadian menegaskan kebakaran ini berdasarkan keterangan beberapa saksi, bermula dari cucu Sumai'yah yang bermain korek api di dalam kamar. Kemudian api membakar kasur busa (springbad) hingga menjalar ke diding hingga atap rumah korban itu.

"Kebakaran ini tidak ada korban jiwa. Hanya kerugian materiel diperkirakan mencapai Rp 100 juta. Api berhasil dipadamkan petugas pemadam dengan melibatkan dua unit mobil PMK dari Pos Pasar Porong," tandasnya. K1/Waw