Rayakan Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah, Warga Penambangan Gelar Tasyakuran dan Doa Bersama


Rayakan Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah, Warga Penambangan Gelar Tasyakuran dan Doa Bersama DO'A BERSAMA - Ratusan warga lingkungan RT 08, RW 02 Desa Penambangan, Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo menggelar do'a dan tahlil bersama di depan halaman TPQ Thoriqul Jannah, Rabu (19/08/2020) malam.

Sidoarjo (republikjatim.com) - Sudah menjadi agenda rutin tahunan setiap malam peringatan Tahun Baru Islam (Muharran) 1442 Hijriyah lingkungan warga RT 08, RW 02 Desa Penambangan, Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo dengan menggelar tasyakuran dan do'a bersama. Acara ini sebagai wujud ungkapan rasa syukur menyambut tahun baru bagi umat Islam itu, Rabu (19/08/2020) malam.

Kegiatan dipusatkan di depan TPQ Thoriqul Jannah. Kali ini, juga dimeriahkan penampilan hadrah anak-anak TPQ Thoriqul Jannah yang diasuh ustadz Sidik Nurjianto.

"Saya terima kasih kepada warga lingkungan disini, karena ikut membantu mensukseskan acara ini. Terutama ibu-ibu yang susah payah menyiapkan hidangan, memasak dan membuat minuman," ujar Ketua Takmir Musala Thoriqul Jannah, Abdul Aziz kepada republikjatim.com, Rabu (19/08/2020) malam.

Ketua RT 08, Wawan Julianto mengajak warga memaknai tahun baru Islam 1442 Hijriyah dengan harapan baru. Bahkan mengarah ke perubahan baru sesuai dengan tema kali ini. Yakni mulai dengan masa New Normal di tengah pandemi Covid-19.

"Kami tetap menjalankan protokol kesehatan yakni memakai masker, menjaga jarak dan sering mencuci tangan," ungkapnya.

Sebelum dimulai tahlil dan do'a bersama yang dipimpin Joko Ribut Santoso yang juga menjabat Kasun Penambangan, dirinya memberikan kuliah umum (Kultum) kepada warga lingkungan RT 08. Pria yang akrab dipanggil Gus Joko ini, di dalam merawat dan mengajar anak-anak TPQ Thoriqul Jannah para guru diberi kesabaran dan ketabahan.

"Karena anak kecil sekarang bangun tidur yang dicari bukan apa-apa, tapi langsung tanya HP. Ini yang menjadi tantangan. Beda dengan masa kecil kita dahulu. Ini yang harus jadi perhatian kita semau," tegas Gus Joko.

Selain itu, Joko mengajak warga membacakan tahlil dan do'a dengan penuh dan khusuk agar warga RT 08 diberi kemudahan segala urusannya dan diselamatkan dunia dan akhirat.

"Kita semua berdoa agar Covid-19 harus segera berakhir," tandasnya.

Dalam kesempatan ini, juga biasanya disuguhkan penampilan kemerihaan peringatan tahun baru Islam dengan karnaval keliling Dusun Penambangan. Karena situasi pandemi Covid-19 acara karnaval yang sedianyaa digelar tidak diselenggarakan. Zak/Hel/Waw