Puluhan UMKM Sidoarjo Ramaikan Pameran Kadin PB di Parkiran Transmart


Puluhan UMKM Sidoarjo Ramaikan Pameran Kadin PB di Parkiran Transmart TINJAU - Plt Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin meninjau satu per satu dari 85 UMKM yang ikut pameran di Parkir Barat Transmart, Sidoarjo, Sabtu (25/01/2020).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Kamar Dagang Indonesia Paradigma Baru (Kadin PB) Sidoarjo menggelar Pemeran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di di Parkir Barat Transmart, Sidoarjo, Sabtu (25/01/2020). Kegiatan yang bakal berlangsung hingga 1 Februari 2020 ini, diikuti sekitar 85 UMKM. Tujuannya untuk meningkatkan perekonomian UMKM di Sidoarjo.

Acara ini dibuka Plt Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin. Acara UMKM Award ini diikuti 85 UMKM Sidoarjo. Selain itu, juga ada Bazar Sembako Murah, Pesta Durian serta Santunan Anak Yatim.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Pemprov Jatim, Dr Maspurnomo Hadi mengapresiasi Kadin PB Sidoarjo yang menyelenggarakan Umkm Award Tahun 2020. Baginya, UMKM Award menjadi media untuk memotivasi para pelaku UMKM Sidoarjo agar semakin berdikari dalam mengembangkan usahanya.

"Pertumbuhan UMKM di Jatim sebesar 9,7 juta pelaku. Rinciannta 95 persen di Usaha Mikro berada di kabupaten/kota, 3 persen Usaha Kecil, 1,8 persen Usaha Menengah, 0,2 persen usaha bersama. Karenanya, perlu dukungan bagi para pelaku UMKM ini. Juga perlu sentuan bersama melaui pembinaan, terutama usaha mikro agar naik kelaskan menjadi usaha kecil," katanya.

Maspurnomo berharap dalam setiap pameran UMKM, perlu adanya edukasi pembekalan mengenai BPOM, sertifikasi halal produk dan kemasan.

"Disamping menjual produk-produk UMKM. Termasuk pengetahuan sumber daya pelaku UMKM juga perlu ditingkatkan di era Industri 4.0 ini," pintahnya.

Sementara Plt Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin mengapresiasi atas terselenggaranya UMKM Award ini. Kegiatan ini dalam rangka mendorong pelaku UMKM semakin sejahtera. Selain itu, kegiatan ini dapat mendorong daya saing usaha kecil dan menengah agar menjadi tulang punggung perekonomian masyarakat.

"Kami juga berharap UMKM Sidoarjo bersaing di pasaran. Baik pasar lokal, nasional maupun internasional. Produk lokal harus mendapatkan pebdampingan pemerintah, Kadin dan stakeholder mulai produksi, pemasaran dan lain-lainnya. Produk UMKM harus berkualitas dan bersaing dengan produk lainnya," tegasnya.

Selain itu, Cak Nur berharap Kadin PB Sidoarjo kedepan dapat bermanfaat dan memberikan kesejahteraan bagi pelaku UMKM Sidoarjo.

"Sekaligus dapat bersaing di era ditigalisasi," tandasnya. Hel/Waw