Peringati HAN, PKS Jatim Bagikan Nutrisi untuk Anak-Anak Sidoarjo Agar Tetap Ceria Selama Pandemi Covid-19


Peringati HAN, PKS Jatim Bagikan Nutrisi untuk Anak-Anak Sidoarjo Agar Tetap Ceria Selama Pandemi Covid-19 BERBAGI - Para pengurus DPW PKS Jawa Timur membagikan paket nutrisi untuk anak-anak di Dusun Kademangan, Desa Jemirahan, Kecamatan Jabon, Sidoarjo kemarin.

Sidoarjo (republikjatim.com) - Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun ini bersamaan dengan pandemi Covid-19. Dampaknya, anak-anak yang masih berstatus pelajar, tidak lagi bisa bertemu secara langsung dengan guru dan temannya di sekolah. Bahkan tidak lagi bisa bebas bermain bersama temannya.

Berlatar belakang itu, para pengurus PKS Jawa Timur berharap bisa mengembalikan keceriaan anak-anak itu. Salah satunya dengan membagikan paket nutrisi sehat di Jawa Timur. Termasuk di Dusun Kademangan, Desa Jemirahan, Kecamatan Jabon, Sidoarjo, Minggu (01/08/2021) kemarin.

"Kami merasa ibah dan kasihan terhadap perkembangan anak-anak (pelajar) sekarang ini. Karena pandemi Covid-19 mempengaruhi tumbuh kembang mereka. Seharusnya di usia anak-anak mereka butuh banyak sosialisasi dengan teman dan butuh banyak gerak untuk tumbuh kembang motoriknya. Tapi saat ini semua terbatasi karena pandemi Covid-19 itu," ujar Ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) PKS Jatim, Lina Ariyani saat memimpin pembagian nutrisi untuk anak-anak di Jabon.

Karena itu, lanjut Lina memanfaatkan momentum HAN yang jatuh 23 Juli 2021 lalu, PKS Jatim menggelar program khusus untuk anak-anak. Program ini dilaksanakan serentak di 37 kota dan kabupaten di Jawa Timur.

"Kami menggelar kegiatan serupa se Jatim. Kami mulainya tanggal 23 Juli kemarin. Harapannya agar anak-anak dan orang tuanya kembali ceria di masa pandemi Covid-19 ini," imbuhnya.

Bagi Lina, pembagian nutrisi itu sebagai wujud cinta PKS kepada masyarakat dalam membentuk keluarga tangguh yang diawali dari anak-anak sehat. Bahkan kini PKS membuat program Rumah Keluarga Indonesia (RKI). Dengan program itu, PKS berharap bisa lebih dekat dengan masyarakat serta memahami berbagai permasalahan yang ada di masyarakat.

"Program ini modelnya macam-macam. Bahkan setiap kecamatan bisa berbeda karena bisa disesuaikan kebutuhan masing-masing. Ada ngaji tahlil, istighotsah, sekolah pra nikah, pelatihan keterampilan dan bisnis, juga penyaluran program bantuan untuk masyarakat seperti sekarang ini. Setiap RKI, kami menyiapkan konsultan keluarga dan tempat curhat bagi masyarakat tentang persoalan keluarga. Inilah yang membuat kami (PKS) semakin dekat dengan masyarakat," tegasnya.

Ketua DPW PKS Jawa Timur, Irwan Setiawan berharap berbagai kontribusi PKS itu bisa dirasakan masyarakat Jatim. Irwan juga mengapresiasi semua pihak yang terlibat dan membantu PKS dalam merealisasikan berbagai program kemasyarakatan itu. Diantaranya setiap pengurus RKI di kecamatan, anggota DPRD PKS dan seluruh unit pembinaan anggota yang diwajibkan berpartisipasi turut memberi perhatian kepada anak-anak yang terdampak Covid-19 dengan memberi paket nutrisi itu.

"Kami yakin semua bisa bekerjasama dengan berbagai pihak dan akan semakin menguatkan PKS di tengah masyarakat. Kami mengajak masyarakat bekerjasama melawan pandemi Covid-19. Karena anggota PKS siap menjadi garda terdepan melayani masyarakat. Temukan solusi secepatnya, kami yakin bisa keluar dari pandemi ini," pintah pria yang akrab dipanggil Kang Irwan ini.

Ketua DPC Jabon, Sunarsih mengucapkan terima kasih atas kedatangan Ketua DPW PKS di tempatnya. Dirinya berharap kegiatan PKS menambah kepercayaan masyarakat kepada PKS di Kecamatan Jabon yang berada di ujung selatan bagian timur Sidoarjo ini.

"Alhamdulillah, semakin banyak program di sini, membuat PKS semakin dikenal. Warga menyambut baik berbagai kegiatan PKS di Jabon," tandasnya. Hel/Waw